GNOME 45 Kini Tersedia, Hadir di Desktop Linux di Dekat Anda

Bagian penting dalam menggunakan Linux adalah memilih lingkungan desktop yang layak. GNOME dan KDE adalah pesaing utama, dengan seluruh ekosistem aplikasi dan utilitas terintegrasi untuk bekerja sama, dan GNOME 45 memasuki versi beta pada bulan Agustus setelah berbulan-bulan pengembangan. Kini, GNOME 45 secara resmi keluar, dan Anda akan segera dapat mencobanya di distribusi Linux populer.

Proyek GNOME akhirnya meluncurkan GNOME 45, juga dikenal sebagai “Rīga,” yang menampilkan peningkatan penting dan fitur-fitur baru. Jika Anda ingin melihat seluruh daftar perubahan yang disertakan dalam rilis ini, kami sangat menyarankan Anda membaca panduan lengkap kami. Salah satu perubahan signifikan adalah penggantian label “Aktivitas” statis dengan indikator ruang kerja dinamis di bilah atas. Performa pencarian di berbagai aplikasi, termasuk Perangkat Lunak, Karakter, Jam, File, dan Kalkulator, juga telah ditingkatkan secara signifikan, menghasilkan pencarian yang lebih cepat dan pengurangan penggunaan sumber daya.

GNOME 45 memperkenalkan indikator penggunaan kamera di samping indikator mikrofon yang ada, dan juga mencakup peningkatan sistem kecil namun penting lainnya, seperti pengaturan cepat untuk kontrol lampu latar keyboard dan pintasan keyboard baru (Super+S) untuk membuka dan menutup menu pengaturan cepat. Peningkatan visual, termasuk wallpaper baru dan peningkatan penunjuk, juga hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Beberapa aplikasi inti GNOME telah menerima pembaruan gaya, dengan sidebar adaptif di aplikasi seperti Kalender, Karakter, Jam, Kontak, File, dan Pengaturan. Perubahan gaya yang halus juga telah diterapkan pada aplikasi inti lainnya.

GNOME

GNOME 45 hampir pasti akan disertakan dalam Ubuntu 23.10 ketika pembaruan tersebut tiba pada bulan Oktober, dan pembaruan tersebut juga diharapkan dapat digunakan dalam pembaruan Fedora 39 mendatang. Namun, banyak distribusi Linux mengubah tema default atau aplikasi yang disertakan, sehingga Anda tidak akan mendapatkan pengalaman GNOME yang diinginkan kecuali Anda menggunakan Fedora. Distribusi rilis bergulir, seperti Arch Linux, kemungkinan akan segera mendapatkan GNOME 45 (jika belum). Ada juga OS GNOME, yang terutama ditujukan untuk digunakan di mesin virtual untuk pengujian.

Sekali lagi, jika Anda penasaran dengan setiap perubahan, lihat kumpulan fitur kami dan log perubahan GNOME sendiri di tautan sumber di bawah.

Sumber : GNOME

Scroll to Top