Cara Membagikan Obrolan AI Bard Anda

Google memiliki fungsi berbagi seperti ChatGPT yang memungkinkan Anda berbagi obrolan menarik, menghibur, dan informatif dengan teman atau bahkan ke seluruh internet. Berikut cara melakukannya.

Cara Membagikan Obrolan AI Bard Anda Secara Publik

Untuk berbagi obrolan tertentu, navigasikan ke percakapan yang relevan di antarmuka Bard Anda. Di bawah tanggapan yang ingin Anda bagikan, klik ikon Bagikan (garis miring dengan tiga titik, di samping ikon Google). Klik “Bagikan”, atau pilih opsi “Ekspor ke Google Dokumen” (untuk membuat dokumen baru dengan perintah sebagai judul dan respons sebagai konten dokumen) atau “Draf di Gmail” (yang akan mengarahkan Anda ke Gmail dengan prompt sebagai subjek, dan tanggapan Bard sebagai isi utama email).

Jika Anda mengeklik “Bagikan”, pilih apakah Anda hanya ingin membagikan “Permintaan & Tanggapan Ini” atau “Keseluruhan Obrolan” dan tinjau pesan yang dibuat secara otomatis judul untuk berbagi. Anda dapat mengeditnya (dengan mengklik ikon pensil) atau membuat opsi baru jika diperlukan. Judul membantu memberikan konteks bagi siapa pun yang membuka tautan. Setelah Anda siap, klik “Buat Tautan Publik.”

Cara paling sederhana untuk membagikan tautan adalah dengan menyalin dan menempelkannya di mana pun Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat membagikannya di aplikasi perpesanan untuk dikirim ke teman atau mempostingnya di platform media sosial seperti LinkedIn, X (sebelumnya Twitter), Facebook, atau Reddit. Tautan publik memungkinkan siapa pun membuka dan membaca percakapan.

Jika Anda membagikan seluruh riwayat obrolan, orang lain dapat melanjutkan percakapan dengan Bard menggunakan tautan publik. Jadi hindari membagikan sesuatu yang terlalu pribadi atau sensitif. Selain itu, ingatlah bahwa jika Anda menyertakan gambar dalam obrolan, gambar tersebut akan terlihat dan dapat diunduh oleh siapa pun yang memiliki tautan tersebut.

Saat mengakses tautan bersama dari orang lain, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang mereka tinggalkan dan melanjutkan mengobrol dengan Bard. Percakapan baru ini akan disimpan dalam Aktivitas Bard Anda sendiri jika Anda mengaktifkannya.

Cara Mengelola Tautan Bersama Anda ke Obrolan Bard

Jika Anda telah membagikan tautan ke obrolan Bard Anda dan kemudian berubah pikiran untuk membiarkannya bersifat publik, Anda dapat mencabutnya akses ke tautan obrolan bersama Anda.

Untuk menemukan semua tautan aktif yang Anda buat, klik “Pengaturan” (ikon roda gigi) dan kemudian “Tautan Publik Anda”. Di sini, Anda akan melihat percakapan mana yang telah Anda bagikan secara publik.

Untuk mencabut akses ke semua tautan yang dibagikan sebelumnya ke percakapan Bard Anda, klik “Hapus Semua Tautan.” Jika Anda perlu menghapus akses ke obrolan tertentu, klik “Hapus Tautan Publik” (ikon tempat sampah) di sebelah percakapan. Tak satu pun dari orang-orang yang sebelumnya Anda bagikan tautannya akan dapat mengakses obrolan lagi. Namun, Anda masih dapat menemukan obrolan yang disimpan di riwayat Bard Anda.

Semua tautan yang dibagikan akan kedaluwarsa secara otomatis setelah 6 bulan. Jadi, tautan lama apa pun kemungkinan besar tidak akan berfungsi lagi. Apakah Berbagi Obrolan Google Bard Aman?

Saat berbagi obrolan Bard, pada dasarnya Anda membuat percakapan tersedia untuk ditemukan oleh siapa saja. Obrolan itu mungkin berisi detail pribadi, pendapat, atau informasi yang hanya ingin Anda bagikan secara pribadi dengan Penyair. Jadi, sebelum mengklik tombol bagikan itu, pertimbangkan detail apa yang terlihat dalam obrolan dan apakah Anda merasa nyaman jika orang asing dapat mengaksesnya.

Kami sebelumnya melaporkan bahwa mesin pencari Google mengindeks percakapan Bard AI, menyoroti potensi risiko privasi dari berbagi secara publik obrolan Anda.

Google menyatakan bahwa masalah pengindeksan adalah sebuah kesalahan, dan pada saat penulisan, tampaknya Google telah berhasil menghapus obrolan Bard dari hasil pencarian. Namun, tidak ada jaminan bahwa obrolan yang Anda bagikan hari ini tidak akan dirayapi oleh mesin pencari malam ini. Jadi jangan mengandalkan janji bahwa obrolan Anda akan tetap bersifat pribadi. Perlu dicatat juga bahwa kepemilikan konten yang dihasilkan oleh AI generatif adalah masalah kompleks yang masih dieksplorasi. Jadi, Anda mungkin tidak sepenuhnya mengontrol bagaimana teks, gambar, atau media lain yang dipertukarkan dalam obrolan Bard pada akhirnya digunakan.

Opsi teraman adalah menghindari berbagi obrolan Bard sepenuhnya. Namun, jika Anda memilih untuk berbagi, pertimbangkan untuk meninjau obrolan terlebih dahulu dan pastikan tidak berisi detail sensitif. Dan jika ragu, ingatlah bahwa apa pun yang dibagikan secara online berpotensi diketahui publik. Perhatian adalah kuncinya.

Anda Dapat Membagikan Obrolan AI Bard Anda–Tetapi Dengan Hati-hati

Berbagi obrolan Bard itu mudah–cukup buat tautan publik. Namun berhati-hatilah dengan detail apa yang Anda publikasikan. Selain itu, sering-seringlah memeriksa tautan publik Bard AI yang Anda bagikan dan menghapusnya sesuai kebutuhan.