Cara Mengurutkan Google Spreadsheet berdasarkan Tanggal

Google Spreadsheet memungkinkan Anda mengurutkan spreadsheet serta konten dalam spreadsheet tersebut menurut tanggal. Anda dapat menggunakan fungsi bawaan Spreadsheet untuk melakukannya, dan kami akan menunjukkan caranya.

Mengurutkan Data Anda Berdasarkan Tanggal di Google Spreadsheet

Untuk mengurutkan kumpulan data di spreadsheet Anda menggunakan kolom tanggal, gunakan opsi pengurutan Google Spreadsheet.

Pertama, di spreadsheet Anda, pilih seluruh kumpulan data yang ingin Anda urutkan. Sertakan tajuk kolom dalam pilihan Anda, tetapi kecualikan kolom indeks jika Anda memilikinya. Jika Anda memilih kolom indeks, angka-angka di kolom tersebut akan tercampur saat Anda mengurutkannya.

Saat kumpulan data Anda disorot, di bilah menu Google Sheets, klik Data > Sort Range > Advanced Range Sorting Options.

Pada jendela yang terbuka, aktifkan “Data Memiliki Baris Header.” Klik menu tarik-turun “Urutkan Menurut” dan pilih kolom tanggal Anda.

Kemudian, untuk mengurutkan tanggal dalam urutan menaik, klik opsi “A > Z”. Demikian pula, untuk mengurutkan tanggal dalam urutan menurun, pilih “Z > A.”

Setelah itu, klik tombol “Urutkan”.

Dataset Anda sekarang diurutkan menurut tanggal, seperti yang Anda lihat sendiri.

Dan begitulah cara Anda membaca data berdasarkan tanggal di spreadsheet Google Spreadsheet Anda. Sangat berguna!

Cara Mengurutkan Spreadsheet Anda berdasarkan Tanggal di Google Sheets

Jika Anda ingin mengurutkan spreadsheet menurut tanggal di layar utama Spreadsheet, gunakan opsi penyortiran yang tersedia di halaman itu.

To gunakan itu, pertama, luncurkan browser web di komputer Anda dan buka Google Spreadsheet. Masuk ke akun Anda jika Anda belum melakukannya.

Pada layar yang mencantumkan spreadsheet Anda, di sudut kanan atas daftar, klik “Opsi Urutkan” (ikon yang menunjukkan A>Z).

Dalam menu penyortiran, Anda memiliki beberapa opsi pengurutan untuk dipilih:

  • Terakhir Dibuka oleh Saya: Opsi ini membuat spreadsheet yang terakhir dibuka berada di atas.
  • Terakhir Dimodifikasi oleh Saya: Untuk mengurutkan spreadsheet berdasarkan waktu terakhir Anda mengubahnya, gunakan opsi ini.
  • Terakhir Dimodifikasi: Ini menempatkan spreadsheet Anda yang terakhir dimodifikasi (diubah oleh siapa saja) di bagian atas.
  • Judul: Gunakan opsi ini untuk mengurutkan spreadsheet Anda berdasarkan judulnya.

Setelah Anda memilih opsi, Google Spreadsheet akan mengurutkan dan menampilkan spreadsheet Anda sesuai dengan itu, dan Anda sudah siap.

Sheets memiliki opsi penyortiran lain yang mungkin ingin Anda gunakan.

Itulah tutorial seputar Cara Mengurutkan Google Spreadsheet berdasarkan Tanggal, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.