Cara Membuat Polling di Zoom

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
ChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Selama setahun, Zoom mengalami peningkatan popularitas yang luar biasa. Berkali-kali, ini terbukti jauh lebih unggul daripada alternatif konferensi virtual.

Zoom memungkinkan pengguna membuat jajak pendapat yang membantu mengumpulkan umpan balik dari peserta rapat. Ini memungkinkan Anda membuat jajak pendapat dengan jawaban tunggal atau pilihan ganda, dan mengakses hasil secara langsung. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara membuat polling untuk rapat Zoom Anda di seluruh perangkat yang didukung.

Persyaratan

Sebelum kita masuk ke seluk beluknya, mari kita lihat beberapa persyaratan untuk membuat polling di Zoom. Pertama-tama, tuan rumah harus menjadi pengguna berlisensi. Dengan kata lain, Anda harus menjadi pengguna berbayar. Jadi, salah satu fitur tambahan yang dimiliki pengguna berlisensi, adalah fitur polling.

Faktor pembatas lainnya adalah polling hanya dapat dibuat untuk rapat terjadwal dan instan (di mana tuan rumah menggunakan Personal Meeting ID).

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa versi Zoom yang Anda jalankan adalah yang terbaru.
Jika Anda menggunakan klien desktop untuk Windows, versi Anda harus 3.5.63382.0829 atau lebih tinggi. Jika Anda menggunakan klien desktop Mac, itu harus versi 3.5.63439.0829 atau lebih tinggi. Untuk Linux, versi klien harus 2.0.70790.1031 atau lebih tinggi.
Jadi, jika Anda mengalami masalah polling pada klien desktop Anda, Anda harus mencoba memperbarui perangkat lunak Anda.

Cara Membuat Polling di Zoom dari Aplikasi Seluler

Zoom digunakan secara luas di perangkat seluler. Secara alami, ada versi aplikasi Android dan iOS. Tetapi ketika menyangkut polling, semuanya tidak persis sama dengan Zoom.

versi desktopSemua peserta rapat dapat berpartisipasi dalam polling – mereka tidak harus menjadi anggota berbayar.

Namun, pengguna berlisensi tidak akan dapat mengelola dan buat polling di aplikasi seluler. Untuk melakukan itu, tuan rumah harus menggunakan klien desktop.

Jadi, jawabannya di sini adalah Anda tidak dapat membuat polling di Zoom dari aplikasi seluler.
Cara Membuat Poll di Zoom dari Windows, Mac, atau Chromebook

Untuk perangkat mana pun di atas , cara terbaik untuk membuat polling adalah dengan menggunakan browser web.

Buka browser dan buka halaman utama di Zoom. Sesampai di sana, masuk menggunakan kredensial Anda dan pilih gambar profil Anda di sudut kanan atas layar. Sekarang Anda akan melihat halaman profil Anda.
Mengaktifkan Polls

Sebelum kami dapat menggunakan polling di Zoom, kami harus mengaktifkannya. Begini caranya:
Buka Zoom dan klik menu navigasi di sebelah kiri. Kemudian, pilih Manajemen Akun. Klik Pengaturan Akun. Pada tab Rapat, buka opsi Polling dan pastikan opsi tersebut diaktifkan. Anda mungkin diminta untuk memverifikasi perubahan jika ingin mengaktifkannya.Konfirmasi dengan memilih Aktifkan.
Jika Anda ingin opsi polling wajib untuk semua pengguna di akun Anda, pilih ikon kunci dan konfirmasi.
Membuat Poll

Sekarang itu Anda telah mengaktifkan opsi polling, saatnya membuat polling Anda. Begini caranya:
Dari layar akun, klik Menu lagi dan klik Rapat.Klik Hyperlink Rapat untuk mengakses halaman manajemen.Pada halaman manajemen untuk rapat, gulir hingga Anda mencapai opsi Jajak Pendapat. Untuk mulai membuat polling, pilih Add.Masukkan judul polling dan tambahkan pertanyaan pertama. Jika Anda mencentang kotak di sebelah Anonim? Peserta jajak pendapat akan anonim. Di bawah pertanyaan pertama, pilih antara Pilihan Tunggal dan Pilihan Ganda. Ini, tentu saja, mengacu pada jenis jajak pendapat. Pilih satu. Sekarang, mulailah menambahkan pertanyaan. Untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan, pilih Tambahkan Pertanyaan di bagian bawah halaman. Untuk menghapus item, pilih Delete.
yang sesuaiUntuk membuat polling selama rapat, klik opsi Polling. Ini akan secara otomatis membuka browser pilihan Anda dan memungkinkan Anda membuat polling dengan cara yang sama seperti di atas. Perhatikan bahwa ada maksimum 25 polling per rapat.
Meluncurkan Poll

Setelah Anda membuat polling, yang tersisa hanyalah meluncurkannya. Rapat harus berlangsung agar Anda dapat menambahkan polls.
Arahkan ke tab Rapat dan klik Mulai Rapat.Klik Polling di bagian bawah.Klik ikon panah di sebelah Poll. Ini akan menampilkan daftar jajak pendapat yang telah Anda buat. Pilih jajak pendapat yang ingin Anda luncurkan. Pilih Luncurkan Poll.
Setelah jajak pendapat diluncurkan, semua peserta akan dapat berpartisipasi di dalamnya. Sebagai tuan rumah, Anda akan dapat melihat hasil langsung.
Mengakhiri Jajak Pendapat

Sebagai tuan rumah, Andalah yang dapat mengakhiri jajak pendapat kapan saja. Untuk mengakhiri polling, lakukan ini:
Pilih End Poll di bagian bawah halaman polling.Untuk membagikan hasil dengan peserta rapat, pilih Bagikan Hasil.
Untuk berhenti membagikan hasil, pilih opsi Berhenti Berbagi.

Mengaktifkan Polling untuk Grup

Jika Anda ingin grup tertentu yang Anda hosting untuk mendapatkan akses ke fitur Polling. Berikut adalah cara melakukannya.
Buka halaman beranda Zoom sebagai admin (Anda harus memiliki hak istimewa untuk mengedit grup pengguna). Di menu sebelah kiri, pilih Manajemen Pengguna. Kemudian, buka Manajemen Grup. Klik grup yang dimaksud dan pilih tab Rapat di bagian atas. Di tab Rapat, buka Polling dan aktifkan opsi polling.
Aktifkan Polling untuk Yourself

Anda mungkin ingin mengaktifkan Polling untuk tujuan Anda sendiri. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di atas tetapi buka Manajemen Akun diikuti oleh Pengaturan Akun (bukan Manajemen Pengguna).

FAQ Tambahan

Berikut adalah jawaban untuk lebih banyak pertanyaan Anda tentang polling peserta Anda di Zoom.
Di mana saya melihat hasil polling ?

Seperti yang disebutkan di atas, saat Anda mengakhiri polling, Anda akan mendapatkan akses ke hasil polling. Anda dapat membagikan hasil jajak pendapat dengan orang lain dalam grup, dan Anda dapat menghentikan pembagian tersebut kapan saja. Jika Anda ingin peserta lain dapat melihat hasil polling sesuai dengan nama peserta, Anda perlu membatalkan pilihan Anonymous saat membuat polling.
Apakah polling perlu dibuat sebelum atau setelah rapat dimulai?

Polls di Zoom bisa dibuat sebelum dan sesudah rapat dimulai. Satu-satunya hal yang perlu Anda pahami adalah Anda akan membuat polling di browser desktop. Jadi, bahkan jika Anda menggunakan klien desktop, setelah Anda memilih opsi untuk membuat polling, Anda akan diarahkan ke browser default Anda.

Membuat polling, bagaimanapun, tidak secara otomatis menjalankannya. Untuk menjalankan polling, Anda harus memiliki rapat yang aktif. Sekali lagi, Anda tidak akan dapat meluncurkan polling sebelum sesi dimulai.
Bagaimana cara mengirim pesan ke semua orang di Zoom?

Saat sedang rapat, ketuk layar Anda atau gerakkan kursor mouse untuk membuka kontrol. Kemudian, pilih Lainnya, diikuti oleh Obrolan. Ketik pesan yang ingin Anda kirim ke orang lain dan pilih Kirim. Jika Anda ingin mengirim pesan ke orang atau sekelompok orang tertentu, klik panah di sebelah Kirim dan pilih orang yang ingin Anda kirimi pesan.
Berapa banyak orang yang dapat bergabung dalam rapat Zoom?

Anda dapat menyelenggarakan hingga 100 orang peserta rapat Zoom. Namun, ada add-on yang disebut Large Meeting yang memungkinkan Anda menjadi tuan rumah sebanyak 1.000 peserta.
Apakah Zoom lebih baik daripada Skype?

Skype adalah raksasa pertemuan online asli. Itu sangat populer sehingga orang menyebut panggilan video online sebagai skyping. Berdampingan, Skype dan Zoom masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing. Sebagai aturan praktis, Skype lebih merupakan alat bisnis holistik. Di sisi lain, Zoom adalah pilihan yang sangat baik untuk tim yang sering berkomunikasi online dan memiliki banyak rapat.
Apakah saya perlu menjadi anggota Zoom berlisensi?

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan akses ke hal-hal seperti membuat polling dan lebih lanjut fitur, maka ya, Anda harus menjadi anggota berbayar. Namun, jika Anda hanya ingin mengadakan pertemuan yang lebih santai untuk tujuan berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh, menggunakan Zoom secara gratis tidak masalah. Ya, Anda dapat menyelenggarakan rapat sebagai pengguna gratis.
Dapatkah saya membagikan polling tanpa membayar layanan premium?

Ada situs web pihak ketiga yang menyediakan opsi polling gratis dengan tautan yang dapat diklik. Selama Anda mengaktifkan fungsi obrolan dalam rapat, Anda dapat memposting tautan ke situs polling eksternal dan mengabaikan layanan Zoom premium.

Polls di Zoom

Membuat dan mengelola polling dibatasi untuk anggota Zoom berlisensi. Ini juga terbatas pada browser desktop. Namun, setiap anggota dapat berpartisipasi dalam jajak pendapat dan mendapatkan akses ke hasil jajak pendapat jika tuan rumah memutuskan untuk berbagi dengan grup.

Semoga artikel ini membuat pembuatan jajak pendapat lebih jelas di Zoom. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tips untuk ditambahkan terkait polling di Zoom, silakan tekan bagian komentar di bawah dan hubungi komunitas kami.