Cara Menetapkan Batas Waktu Aplikasi dan Memblokir Aplikasi di Android

Menghabiskan terlalu banyak waktu di perangkat Android Anda? Gunakan alat Kesehatan Digital Android untuk melacak penggunaan aplikasi Anda dan menetapkan batas aplikasi. Anda bahkan dapat memblokir aplikasi tertentu sebentar dengan Mode Fokus.

Cara Mengatur Timer Aplikasi di Android

Kesejahteraan Digital adalah fitur manajemen waktu layar Android. Ini tersedia di ponsel Google Pixel, ponsel Samsung Galaxy, dan perangkat Android lainnya. Fungsionalitas ini sudah terpasang di Android, jadi Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan apa pun.

Pengatur Waktu Aplikasi memungkinkan Anda membatasi berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan dalam suatu aplikasi. Misalnya, Anda bisa mengaturnya agar Anda hanya menggunakan YouTube 30 menit per hari. Untuk melakukannya, geser ke bawah pada bayangan notifikasi, lalu ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan (atau buka dari laci aplikasi).

Selanjutnya, ketuk “Kesejahteraan Digital & Kontrol Orang Tua.”

Anda mungkin sudah melihat beberapa aplikasi terdaftar di sini . Jika tidak, buka “Dasbor” terlebih dahulu.

Ketuk ikon jam pasir atau nama aplikasi untuk membuka menu pengatur waktu.

Masukkan batas waktu yang diinginkan dan ketuk “OK” atau “Selesai.”

Saat waktu penggunaan Anda habis, aplikasi akan berhenti sebentar. Ikonnya di layar beranda akan berwarna abu-abu, dan Anda tidak akan menerima pemberitahuan apa pun darinya. Keesokan harinya, pengatur waktu disetel ulang, dan aplikasi terbuka lagi.

Tentu saja, Anda selalu dapat kembali ke aplikasi Kesejahteraan Digital dan memperpanjang atau menonaktifkan pengatur waktu kapan pun Anda mau.

Cara Menggunakan Mode Fokus di Android

Android juga memiliki fitur yang disebut “Mode Fokus”, dan cara kerjanya sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda. Di perangkat Samsung, Anda memilih aplikasi yang akan diizinkan. Di perangkat Google Pixel, Anda memilih aplikasi yang akan diblokir. Samsung juga memberi Anda kemampuan untuk membuat beberapa Mode Fokus (disebut saja “Mode”), mirip dengan iPhone.

Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk “Kesejahteraan Digital & Kontrol Orang Tua.”

Ketuk “Mode Fokus.”

Pilih aplikasi yang Anda inginkan jeda saat Anda mengaktifkan mode Fokus.

Anda dapat langsung mengaktifkannya dengan memilih “Aktifkan Sekarang”, atau membuat jadwal agar mode berjalan secara otomatis dengan mengetuk “Setel Jadwal”.

Anda dapat menambahkan ubin “Mode Fokus” ke panel notifikasi jika Anda tidak ingin membuka aplikasi Pengaturan setiap saat. Alternatif untuk Ponsel Android Lainnya

Focus Mode di Ponsel Samsung Galaxy

Focus Mode di perangkat Samsung Galaxy cukup sedikit berbeda. Anda dapat membuat beberapa Mode Fokus, dan alih-alih memilih aplikasi yang akan diblokir, Anda dapat memilih aplikasi yang akan diizinkan.

Pertama, geser ke bawah sekali dari atas layar dan ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

Gulir ke bawah dan pilih ” Mode dan Rutinitas.”

Pilih salah satu mode yang telah dibuat sebelumnya atau ketuk “Tambahkan Mode.”

Jika Anda membuat Mode baru, beri nama dan ikon.

Untuk membatasi aplikasi selama mode tersebut, aktifkan “Batasi Penggunaan Aplikasi. ”

Sekarang pilih semua aplikasi yang ingin Anda gunakan dan terima notifikasinya. Segala sesuatu yang lain akan diblokir.

Anda dapat mengetuk “Aktifkan” untuk langsung mengaktifkannya atau memilih “Aktifkan Secara Otomatis” untuk membuat beberapa ketentuan.

Samsung juga memungkinkan Anda mengaktifkan mode Jangan Ganggu di sampingnya, mengubah beberapa pengaturan sistem, dan menyesuaikan wallpaper saat mode sedang berjalan.

Dengan alat-alat ini di saku Anda, Anda dapat memastikan kebiasaan penggunaan Anda sehat. Namun, Anda harus tetap bertanggung jawab. Biasanya, menggulir aplikasi tanpa henti hanya membuang-buang waktu.

Scroll to Top