Google Drive Memiliki Tampilan Baru di Desktop

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud terbaik, dengan dukungan untuk pengeditan kolaboratif melalui Google Documents, aplikasi desktop untuk Windows dan Mac, aplikasi seluler di iPhone dan Android, dan berbagai tingkatan untuk peningkatan penyimpanan. Jika Anda sering menggunakan Google Drive di desktop, Anda mungkin atau mungkin tidak melihat sesuatu yang sedikit berbeda saat masuk hari ini: tampilan baru.

Google Drive telah memperkenalkan tata letak desain baru untuk versi desktopnya. Perubahan terbesarnya adalah adanya tampilan “Beranda” baru yang akan mengambil alih tampilan “Drive Saya” yang sudah ada. Google mengatakan bahwa tampilan baru ini memfasilitasi pengambilan file yang lebih cepat dan efisien, menampilkan saran file dan folder yang dipersonalisasi yang didorong oleh algoritma pembelajaran mesin. Algoritme ini mempertimbangkan beberapa faktor, seperti file yang baru dibuka, dibagikan, atau diedit, serta dokumen yang dilampirkan ke acara Kalender mendatang, dalam upaya menampilkan file yang mungkin ingin Anda lihat. Ini juga dilengkapi chip filter untuk mempercepat pencarian, memungkinkan Anda mempersempit hasil berdasarkan jenis file, tanggal modifikasi, atau lokasi.

Tentu saja, tampilan baru ini, seperti semua bagian lain dari UI Google Drive, mematuhi pedoman Material You Google sebagai sedekat mungkin. Google Drive bukan satu-satunya yang mengubah tampilannya di desktop, karena OneDrive juga baru-baru ini memperkenalkan tata letak desktop yang didesain ulang dengan penyempurnaan pada file rekomendasi, namun hal itu masih belum diluncurkan ke semua pengguna OneDrive.

Ini akan menjadi tampilan default baru , jadi setiap kali Anda mengunjungi Google Drive versi web, Anda kini akan diarahkan ke tampilan Beranda, bukan Drive Saya. Bagi mereka yang lebih memilih default sebelumnya, opsi untuk beralih kembali ke Drive Saya tersedia—Anda akan melihat spanduk yang memberi tahu Anda tentang perubahan baru, serta tombol untuk beralih kembali jika Anda tidak menyukainya. Perubahan ini akan mulai diterapkan dalam beberapa minggu mendatang, jadi jika Anda ingin mencobanya, Anda mungkin harus menunggu. Ini belum ditayangkan di pihak kami.

Sumber: Google