Firefox 118 Kini Tersedia untuk Diunduh dengan Terjemahan Bawaan untuk Situs Web


Peramban web Mozilla Firefox 118 kini tersedia untuk diunduh sebelum rilis resminya pada tanggal 26 September, ketika akan diluncurkan ke berbagai platform yang didukung.

Saya menganggap Firefox 118 sebagai rilis besar karena akhirnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan untuk situs web. Sebelumnya direncanakan untuk Firefox 117, fitur terjemahan baru akan memungkinkan Anda menerjemahkan situs web secara otomatis dari salah satu bahasa yang didukung ke bahasa lain.

Fitur terjemahan dapat diakses dari entri menu “Terjemahkan halaman” baru di menu aplikasi (menu hamburger di sisi paling kanan jendela). Saat diklik, dialog pop-up akan terbuka sehingga Anda dapat memilih bahasa asal dan tujuan terjemahan.

Fitur terjemahan situs bawaan disertai dengan panel pengaturan yang dapat Anda akses baik dari dialog pop-up atau dari Pengaturan. Di sana, Anda dapat mengatur bahasa default untuk terjemahan otomatis, serta menginstal lebih banyak bahasa atau menghapus bahasa yang sudah diinstal secara default.
(adsbygoogle = jendela.adsbygoogle || []).push({});

Fitur terjemahan didasarkan pada proyek Bergamot, yang menyediakan mesin terjemahan sadar privasi di mana terjemahan dilakukan secara lokal menggunakan pembelajaran mesin. Terjemahan tidak pernah dikirim ke pihak ketiga dan dioptimalkan untuk perangkat keras konsumen, menurut Mozilla.

Untuk pengguna Linux, Firefox 118 dikirimkan dengan dukungan untuk penskalaan fraksional di Wayland. Fitur ini memberi tahu Firefox skala pecahan optimal untuk digunakan dengan pengaturan penskalaan pecahan yang sudah ada untuk sistem Linux Anda saat menggunakan sesi Wayland.

Namun, fitur ini dinonaktifkan secara default dan Anda harus mengaktifkannya secara manual dengan mengatur widget.wayland. opsi skala pecahan.diaktifkan di about:config dari false ke true dengan klik dua kali.

Di antara perubahan lainnya, Firefox 118 beralih ke perpustakaan matematika FDLIBM untuk audio web di semua sistem yang didukung untuk meningkatkan anonimitas dengan Perlindungan Sidik Jari dan membatasi visibilitas font ke situs web ke font sistem dan font paket bahasa, sehingga mengurangi sidik jari font di jendela Penjelajahan Pribadi.
(adsbygoogle = jendela.adsbygoogle || []).push({});

Untuk pengguna Android, Firefox 118 menambahkan dukungan untuk mencetak konten halaman dari browser atau menu share, kemampuan untuk membuka pintasan pengguna yang disematkan di tab yang ada jika sudah memiliki URL yang sama, serta kemampuan untuk menghapus data situs web dari tab tersebut. Item menu “Cookie dan data situs”.

Terakhir, pengembang web mendapatkan dukungan untuk sepuluh fungsi matematika CSS baru, termasuk round, mod, rem, pow, sqrt, hypot, log, exp, abs, dan sign, serta Dukungan OpaqueResponseBlocking secara default.

Seperti disebutkan sebelumnya, Mozilla akan secara resmi mengumumkan Firefox 118 besok, 26 September 2023. Hingga saat itu, Anda dapat mengunduh rilis finalnya sekarang juga dari server unduhan resmi atau dari repositori perangkat lunak stabil untuk GNU/Linux favorit Anda distribusi.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Scroll to Top