LibreOffice 7.4 Open-Source Office Suite Resmi Dirilis, Ini Yang Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Document Foundation merilis LibreOffice 7.4 hari ini sebagai seri stabil baru dari suite office gratis, open-source, dan lintas platform mereka yang menghadirkan lebih banyak fitur dan peningkatan baru.

Datang enam setengah bulan setelah LibreOffice 7.3, rilis LibreOffice 7.4 ada di sini dengan banyak barang untuk penggemar suite kantor sumber terbuka yang populer, termasuk dukungan untuk gambar WebP, dukungan untuk file EMZ/WMZ, bidang Pencarian baru untuk Manajer Ekstensi untuk mempermudah menemukan ekstensi, halaman bantuan untuk skrip ScriptForge library, dialog asinkron untuk memberi nama warna baru, dialog font yang diubah, dan kemampuan untuk mengingat apakah dokumen terbaru dibuka hanya-baca atau dapat diedit.

Untuk Writer, pemroses dokumen, LibreOffice 7.4 menghadirkan pengaturan tipografi baru untuk tanda hubung, remote baru pemeriksa tata bahasa, pelacakan perubahan yang lebih baik di area catatan kaki, berbagai peningkatan batas di sekitar tabel dan paragraf, penomoran baru dalam mode Perlihatkan Perubahan, dan kemampuan untuk menghapus jeda dari dokumen Word.

Word juga menerima sistem penomoran baru dalam mode Perlihatkan Perubahan, dukungan untuk melihat penghapusan dan penyisipan catatan kaki terlacak di area catatan kaki, dukungan asli untuk teks kaya, kotak centang, dropdown, gambar, dan kontrol konten tanggal dari Word , serta dukungan untuk daftar yang diedit untuk menampilkan nomor asli dalam pelacakan perubahan.

Untuk Calc, editor spreadsheet, LibreOffice 7.4 menghadirkan dukungan untuk 16.384 kolom di spreadsheet, item menu baru untuk mencari nama sheet, fungsi baru di drop-AutoSum widget bawah di bilah Rumus, kemampuan untuk menyimpan tinggi bilah rumus di dalam dokumen, dialog Pindahkan/Salin lembar yang ditingkatkan, dan perluasan matriks sel otomatis untuk ekspresi rumus yang mengembalikan larik/matriks.

Calc juga menerima banyak peningkatan kinerja untuk beberapa kolom yang berisi data, untuk berbagai fungsi seperti COUNTIF, SUMIFS dan VLOOKUP, untuk penghitungan ulang dokumen dengan banyak rumus, untuk membuka g file CSV, untuk mengekspor dokumen Excel, serta untuk memuat spreadsheet yang memerlukan perhitungan ulang.

Untuk komponen Impress & Draw, LibreOffice 7.4 menambahkan dukungan awal untuk tema dokumen, bersama dengan dukungan isian bentuk untuk tema dokumen, dan dukungan untuk menggunakan slide background sebagai isian bentuk untuk interoperabilitas PPTX.

Seperti biasa, pengembangan sebagian besar difokuskan pada peningkatan interoperabilitas dengan format file milik Microsoft, seperti DOCX, PPTX, dan XLSX, dalam upaya membantu pengguna bermigrasi dari MS Office ke LibreOffice.
“LibreOffice 7.4 menyediakan sejumlah besar peningkatan dan fitur baru yang ditargetkan untuk pengguna yang berbagi dokumen dengan MS Office atau bermigrasi dari MS Office. Pengguna ini harus memeriksa rilis baru LibreOffice secara teratur, karena kemajuannya sangat cepat, sehingga setiap versi baru meningkat secara dramatis dari yang sebelumnya, ”kata The Document Foundation.
Selain itu, LibreOffice 7.4 meningkatkan ekspor dokumen PDF, meningkatkan pengimporan file TIFF dan menambahkan dukungan untuk format TIFF OfficeArtBlip, meningkatkan ekspor HTML dengan mengaktifkan pengkodean UTF-8 secara default, meningkatkan pengimporan dan pengeksporan file RTF, dan meningkatkan pengimporan file EMF/WMF dengan dukungan untuk Mitre Limit dan baris individual akhiran untuk format EMF+, dukungan format grafis terkompresi Z, dan banyak lagi.

LibreOffice 7.4 tersedia untuk diunduh sekarang juga dari situs web resmi sebagai binari 64-bit yang siap dipasang untuk distribusi berbasis DEB dan RPM seperti Fedora Linux, Debian GNU /Linux, Ubuntu, dll. Tentu saja, Anda juga akan menemukan di sana tarball sumber, serta binari untuk sistem operasi macOS dan Windows.

Seri LibreOffice 7.4 adalah target ed di penggemar teknologi, pengadopsi awal, atau pengguna listrik, dan akan didukung dengan enam rilis pemeliharaan hingga 12 Juni 2023. Untuk pengguna yang tidak membutuhkan fitur terbaru, The Document Foundation merekomendasikan seri LibreOffice 7.3, yang dipertahankan hingga 30 November 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com