Ketua Fraksi PKB setuju jika Panji Gumilang ditahan

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap Polri menindaklanjuti kasus Negara Islam Indonesia (NII) dengan segera memeriksa Panji Gumilang yang selama ini dikait-kaitkan sebagai pimpinan NII KW9.

“Polri harus tangkap Panji sehingga tidak timbul kontroversi di publik,” kata Ketua DPP dan Fraksi PKB Marwan Jafar dalam diskusi bertema¬†Parpol Bicara Radikalisme di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/5/2011).

Menurut Marwan, polisi bisa memeriksa Panji dalam kapasitas sebagai saksi sehubungan dengan testimoni mantan pangikut ataupun petinggi NII. “Ini proses penuntasan dari perdebatan panjang termasuk menyita dana haramnya,” lanjut Marwan.

Sementara itu, mantan Menteri Peningkatan Produksi NII, Imam Supriyanto menyebut Panji Gumilang merupakan pimpinan NII yang juga pendiri Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. Panji dan anaknya, jelas Imam, memiliki rekening puluhan miliar uang NII di Bank Century yang kini dipindahkan ke Bank Mandiri. “Kalau Panji ditangkap semua pengikut bubar, karena pengikut NII sekarang bukan ideologis tapi orientasi uang,” ungkapnya.

Menurut pengakuan Imam, NII melalui pengerahan santri dan santriwati Ponpes Al Zaytun pernah memberikan dukungan suara untuk beberapa parpol seperti Golkar dan Partai Republikan dalam pemilu 2004 dan 2009. “Panji juga sekarang membuat ormas Masyarakat Indonesia Membangun untuk persiapan 2014,” ujar Imam.

Scroll to Top