EROFS-Utils 1.5 Dirilis Dengan ZTailPacking, Ekstraksi FSCK

  • Post author:
  • Post category:Linux

EROFS-Utils 1.5 telah dirilis sebagai kumpulan utilitas ruang pengguna untuk sistem file read-only EROFS Linux yang semakin populer dengan kasus penggunaan Android/embedded dan penggunaan container yang terus meningkat.
EROFS-Utils 1.5 menambahkan dukungan ke fsck.erofs untuk ekstraksi sistem file, dukungan ruang pengguna untuk fitur inline ZTailPacking pada file terkompresi, utilitas dump.erofs sekarang dapat mendukung direktori daftar, API baru ditambahkan, dukungan untuk menggunakan mtime untuk memiliki kontrol lebih besar atas stempel waktu sistem file, dan mengubah lisensi utilitas menjadi lisensi ganda GPL-2.0+ atau Apache-2.0.
Untuk perintah mkfs.erofs, opsi “ztailpacking” sekarang dapat ditambahkan untuk mengaktifkan fitur ZTailPacking yang bekerja dengan kernel Linux 5.17 dan yang lebih baru. Mengaktifkan opsi ini akan mengemas “pcluster” bagian ekor dari file terkompresi ke dalam meta-data untuk membantu menghemat lebih banyak ruang disk dan I/O bagian ekor.
EROFS` FSCK dengan opsi “–extract=” baru memungkinkan untuk mengekstrak jalur yang diberikan untuk direktori / file biasa / symlink.
Dalam pengumuman rilis EROFS-Utils 1.5 juga merupakan pembaruan pada peta jalan EROFS. Beberapa rencana untuk sistem file baca-saja Linux ini termasuk transisi ke penggunaan folio, dukungan kamus rentang LZ4, EROFS melalui FSCACHE sedang diupayakan, dukungan MKFS dan FSCK multi-utas, dan berbagai peningkatan yang disematkan.

Itulah berita seputar EROFS-Utils 1.5 Dirilis Dengan ZTailPacking, Ekstraksi FSCK, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.