Pengecualian Windows Defender tidak berfungsi [Tetap]

Windows Security atau Windows Defender hadir dengan opsi yang disebut Pengecualian yang membantu Anda mengecualikan file atau folder agar tidak dipindai. Namun, jika Anda telah menambahkan beberapa item tetapi Windows Defender masih menandainya karena beberapa alasan, saran ini akan membantu Anda. Anda dapat mengikuti saran pemecahan masalah ini saat Pengecualian Windows Defender tidak berfungsi pada Windows 11 PC.

Pengecualian Windows Defender tidak berfungsi

Jika Pengecualian Windows Defender tidak berfungsi, ikuti langkah-langkah berikut:
Jaga item tetap utuhVerifikasi pengaturan Kebijakan GrupPeriksa nilai registriMulai ulang Layanan Antivirus Microsoft DefenderIzinkan Windows Defender untuk pindai file arsip
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Menjaga item tetap utuh
Saat Anda menambahkan file atau proses ke daftar Pengecualian di Keamanan Windows, file akan diambil menurut jalurnya. Misalnya, jika jalur file gambar bernama my-image.png adalah ini: C:Usersuser-nameDesktopmy-image.png, dan Anda menambahkan file ke daftar Pengecualian, Anda tidak dapat mengganti nama file atau ubah jalur file.

Jika Anda mengubah jalur file, Anda perlu memperbarui daftar secara manual. Jika tidak, Keamanan Windows akan memindai file lagi di lokasi baru.
2] Verifikasi pengaturan Kebijakan Grup

Jika Anda telah mengaktifkan pengaturan Kebijakan Grup untuk mengelola Keamanan Windows di komputer Anda, disarankan untuk segera menonaktifkannya. Terkadang, pengaturan yang salah dapat menyebabkan kesalahan ini. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memverifikasi semua setelan Kebijakan Grup terkait Keamanan Windows:
Press Win+R > ketik gpedit.msc > tekan tombol Enter.Navigasi ke jalur ini: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Defender Antivirus > ExclusionsIf pengaturan apa pun diaktifkan, klik dua kali padanya.Pilih opsi Tidak Dikonfigurasi.Klik tombol OK.
Kemudian, nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.
3] Periksa nilai Registry

Pengaturan yang sama di atas dapat diubah menggunakan Registry Redaktur juga. Jika Anda telah mengaktifkan setelan tersebut melalui Windows Registry, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memverifikasi:
Tekan Win+R > ketik regedit > klik tombol OK.Klik tombol Ya. Arahkan ke jalur ini: HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoft Windows DefenderExclusionsJika Anda menemukan nilai REG_DWORD dengan Value data 1, klik dua kali nilai tersebut.Masukkan Value data sebagai 0.Klik tombol OK.Tutup semua jendela dan mulai ulang komputer Anda.4] Mulai ulang Microsoft Defender Antivirus Service
Untuk memulai ulang Microsoft Defender Layanan Antivirus, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri layanan di kotak penelusuran Taskbar.Klik hasil penelusuran individual.Klik dua kali pada Layanan Antivirus Microsoft Defender.Klik tombol Stop.Klik tombol Start.Klik tombol OK.
Catatan : Jika Anda tidak dapat Menghentikan atau Memulai layanan ini, tidak perlu mengubah apa pun di sini.
5] Izinkan Windows Defender memindai file arsip

Dimungkinkan untuk mengizinkan atau memblokir Keamanan Windows dari memindai file yang diarsipkan. Jika Anda telah mengaktifkan pengaturan ini, mungkin membuat kekacauan di komputer Anda. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan setelan ini di Editor Kebijakan Grup Lokal:
Search for gpedit.msc dan klik hasil penelusuran. Arahkan ke jalur ini: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft defender Antivirus > ScanDouble-click on setelan Pindai file arsip .Pilih opsi Tidak Dikonfigurasi.Klik tombol OK.
Setelah itu, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah solusi ini bekerja untuk Anda atau tidak.

Baca: Defender Injector menambahkan item menu konteks Add An Exclusion untuk Windows Defender

Bagaimana caranya menambahkan pengecualian ke Endpoint di Microsoft Defender?

Untuk menambahkan file atau folder ke daftar Pengecualian di Microsoft Defender atau Keamanan Windows, Anda dapat mengikuti artikel ini. Untuk itu, Anda harus membuka bagian Perlindungan virus & ancaman dan mengklik Tambahkan atau hapus pengecualian. Kemudian, Anda dapat memilih file atau folder ke daftar masing-masing.

Bagaimana cara membuat daftar putih program di Windows Defender?

Untuk memasukkan program ke daftar putih di Windows Defender, Anda harus menambahkannya ke daftar Pengecualian. Untuk itu, buka Keamanan Windows, dan alihkan ke tab Perlindungan virus & ancaman. Kemudian, klik opsi Tambahkan atau hapus pengecualian. Dari sini, Anda dapat menambahkan program ke daftar.

Baca: Tindakan Mulai Pembela Windows tidak berfungsi.