Windows 11 Membuang PowerShell dan Command Prompt secara Default

Microsoft merilis Terminal Windows pada tahun 2020, yang menyatukan semua shell baris perintah Windows ke dalam satu aplikasi yang dapat disesuaikan. Tidak lama lagi, Terminal akan menjadi aplikasi default untuk operasi baris perintah di Windows 11.

Microsoft meluncurkan Windows 11 Build 22622.436 kepada orang-orang di Windows Insiders Beta Channel. Selain fitur Berbagi Terdekat yang baru, pembaruan juga menetapkan Terminal Windows sebagai aplikasi terminal default di Windows. Itu berarti skrip, aplikasi, dan software lain yang berjalan di PowerShell dan Command Prompt (CMD.EXE) lama kini akan terbuka di Terminal Windows, bukan di aplikasi tersebut. Peralihan diumumkan tahun lalu.

Microsoft

Windows Terminal adalah unduhan gratis opsional pada Windows 10 (bahkan open-source), dan Terminal menjadi aplikasi sistem yang dibundel dengan kedatangan Windows 11. Aplikasi ini merupakan peningkatan yang signifikan atas Command Prompt dan PowerShell, dengan tambahan tab, teks kaya, banyak pengaturan yang dapat dikonfigurasi, tema, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat memiliki campuran tab PowerShell dan Command Prompt di jendela yang sama. Jika Anda memiliki Subsistem Windows untuk Linux yang diinstal, lingkungan Linux Anda juga dapat diakses melalui Terminal.

Meskipun Terminal Windows ditargetkan untuk pengembang, itu masih merupakan pengalaman yang lebih baik bagi siapa saja yang kadang-kadang perlu menjalankan perintah di Windows. Terminal juga merupakan contoh Microsoft menyederhanakan pengalaman Windows dengan menggabungkan aplikasi dan layanan serupa. Media Player baru berada di kapal yang sama, karena telah menggantikan Groove Music dan akan segera menjadi aplikasi default untuk membuka file video dan audio di Windows 11¬†(bukan ‘Film & TV’).

Belum jelas kapan Terminal switch akan diluncurkan ke semua orang di versi stabil Windows 11. Namun, sudah ada opsi untuk mengubah aplikasi default ke Terminal Windows di Windows 10 dan 11, jadi Anda dapat melakukannya sekarang jika mau. PowerShell dan Command Prompt akan tetap terpasang.

Sumber: Microsoft

Itulah berita seputar Windows 11 Membuang PowerShell dan Command Prompt secara Default, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top