Inilah Mengapa GPU NVIDIA Bisa Lebih Murah

Graphics sulit dibeli selama dua tahun terakhir ini, berkat masalah rantai pasokan yang sedang berlangsung dan permintaan yang disebabkan oleh cryptocurrency. Permintaan yang tinggi membuat harga tetap tinggi, tetapi sekarang itu berubah.

Harga dan ketersediaan kartu grafis telah meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir — sebagian besar GPU tidak lagi berada di atas harga aslinya, dan kami bahkan mulai melihat beberapa penjualan. NVIDIA mengkonfirmasi pada panggilan pendapatan baru-baru ini bahwa perusahaan sedang berurusan dengan “kelebihan persediaan” kartu grafis seri RTX 3000, karena pasokan akhirnya mulai melebihi permintaan pembeli.

NVIDIA CEO Jensen Huang mengatakan perusahaan telah “melembagakan program untuk menetapkan harga produk kami saat ini untuk mempersiapkan produk generasi berikutnya.” Sepertinya perusahaan tidak akan menurunkan harga pada kartu bermerek NVIDIA sendiri (sebelumnya dikenal sebagai kartu “Edisi Pendiri”), tetapi NVIDIA menurunkan harga untuk mitra perangkat keras seperti EVGA, ASUS, dan MSI. Akibatnya, sebagian besar kartu grafis GeForce yang tersedia saat ini dapat menjadi lebih murah, terutama jika mitra juga berurusan dengan kelebihan inventaris.

Potongan harga terjadi saat NVIDIA bersiap untuk mengungkapkan kartu grafis baru pada bulan September, di keynote GTC 2022 perusahaan. NVIDIA juga menghadapi lebih banyak persaingan dari sebelumnya — chip M1 canggih di workstation MacBook Pro dan Mac Studio kelas atas Apple dapat menangani banyak beban kerja yang sama seperti kartu grafis GeForce (meskipun masih kurang mendukung sebagian besar game PC), sementara Intel perlahan-lahan meningkatkan pengembangan GPU-nya sendiri.

Sumber: Ars Technica

Itulah berita seputar Inilah Mengapa GPU NVIDIA Bisa Lebih Murah, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top