5 Alasan untuk Mengaktifkan Jaringan Tamu di Router Wi-Fi Anda

Guest adalah fitur router yang sangat berguna dan yang tidak dimanfaatkan oleh banyak orang. Inilah mengapa Anda harus mengaktifkan jaringan tamu Anda hari ini.

Apa itu Jaringan Tamu?

Meskipun namanya mungkin sedikit mengangkat tentang apa sebenarnya jaringan tamu itu, tidak ada salahnya untuk mengklarifikasi—dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan “jaringan tamu” dapat bervariasi secara signifikan dari router ke router.

A jaringan tamu, yang paling sederhana, adalah cara terpisah dari SSID utama Anda untuk tamu di rumah Anda untuk terhubung ke jaringan Anda. Beberapa router tidak mendukung mode tamu karena mereka tidak memiliki dukungan perangkat keras atau firmware untuk itu. Tetapi sebagian besar router hari ini, bahkan model yang murah, memiliki semacam mode tamu.

Cara kerja mode tamu berkisar dari opsi paling dasar di mana tamu mendapatkan nama dan alamat SSID yang berbeda hingga yang lebih canggih di mana Anda mendapatkannya tetapi juga dapat menerapkan kontrol orang tua, penjadwalan, dan opsi konfigurasi jaringan lainnya.

Jika Anda ingin tahu tentang apa yang dapat dilakukan router Anda, lihat panel kontrol administratif atau cari melalui file bantuan untuk model khusus Anda. Dan jika Anda merasa agak kurang dalam departemen jaringan tamu, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan—terutama jika router Anda sangat ketinggalan zaman.

Alasan Utama

Ada berbagai macam alasan untuk memanfaatkan router Anda kemampuan jaringan tamu. Di bawah ini Anda akan menemukan apa yang menurut kami merupakan alasan paling kuat untuk mengaktifkan jaringan tamu Anda dan mendapatkan lebih banyak dari router Anda.

Ketika Anda mengaktifkan jaringan tamu Anda, pastikan untuk mengikuti praktik terbaik ini untuk memastikannya aman.

Anda Dapat Dengan Mudah Mengubah Kata Sandi Jaringan Anda untuk Tamu

Orang tidak suka mengubah kata sandi Wi-Fi mereka. Mungkin bukan masalah besar untuk mengubah kata sandi Anda kembali ketika kami hanya memiliki beberapa perangkat di rumah kami, tetapi sekarang mengubah kata sandi Anda berarti memperbarui banyak hal. Dan jika Anda adalah orang yang mengelola teknologi di rumah Anda, itu berarti semua orang mendobrak pintu Anda untuk memberi tahu Anda bahwa tablet mereka tidak dapat terhubung ke Wi-Fi lagi.

Hal terbesar tentang jaringan tamu adalah Anda dapat memberikan tamu Anda kata sandi dan kemudian ubah sesering yang Anda inginkan sambil membiarkan kata sandi SSID utama Anda tetap sama. Tamu dapat memperoleh kata sandi baru saat mereka berkunjung, dan Anda dapat meninggalkan jaringan utama Anda sendiri.

Jaringan Tamu Mengisolasi Tamu Dari Jaringan Anda

Untuk sebagian besar, saya yakin tidak banyak dari kita yang benar-benar khawatir bahwa tamu di rumah kita adalah peretas elit yang mencoba untuk menyusup ke jaringan rumah kita. Lagi pula, jika saya ingin mengundang Anda untuk makan malam atau minum bir, saya mungkin tidak akan mencurigai Anda.

Tapi dari sudut pandang keamanan, praktik terbaik adalah tidak pernah memberi siapa pun (atau perangkat mereka) akses ke sesuatu mereka tidak memerlukan akses ke. Dan tidak ada alasan bagi tamu di rumah Anda untuk memiliki akses penuh ke jaringan rumah Anda hanya untuk menelusuri Instagram di teras Anda atau menggunakan panggilan Wi-Fi di ponsel mereka.

Anda mungkin berpikir, “Apa yang kalian bicarakan, Steve berpose tidak ada ancaman terhadap jaringan rumah saya?” Dan tentu saja, Steve mungkin tidak. Tetapi anak-anak Steve bermain-main dengan laptopnya dan membuatnya terinfeksi dengan tumpukan malware ketika mencoba untuk mendapatkan Robux gratis ketika laptop itu sekarang terpasang “telanjang” ke jaringan rumah Anda.

Dan akhirnya, biasanya tidak ada alasan bagi tamu Anda untuk berada di jaringan yang sama dengan server file Anda, kamera keamanan Anda, peralatan rumah pintar Anda, atau memiliki akses ke barang-barang Anda.

Jaringan Tamu Dapat Melindungi Anda Dari Kewajiban

Jika router Anda mendukung penyempurnaan pengalaman jaringan tamu untuk menerapkan kontrol dan pembatasan orang tua, itu dapat menjadi cara yang bagus untuk melindungi diri Anda dari kewajiban.

Pertanggungjawaban seperti apa? Jenis tanggung jawab yang berasal dari orang-orang di jaringan Anda yang menjalankan aplikasi atau layanan yang memberi Anda pemberitahuan hukum atau menarik perhatian yang tidak diinginkan. Dengan menggunakan pengaturan pada router Anda untuk menonaktifkan akses ke layanan berbagi file peer-to-peer (P2P) dan semacamnya, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak akan mendapatkan surat dari ISP Anda yang menanyakan mengapa Anda (tetapi sebenarnya keponakan Anda yang berkunjung ) membagikan salinan film Marvel terbaru.

Dan sekali lagi, Anda mungkin tidak berpikir bahwa tamu Anda akan langsung menjalankan BitTorrent atau klien serupa di jaringan Anda tanpa bertanya, tetapi dalam beberapa kasus, orang bahkan tidak tahu. Jutaan orang telah menggunakan aplikasi Waktu Popcorn, misalnya, tanpa petunjuk bahwa mereka sebenarnya menggunakan pemutar media dengan klien BitTorrent bawaan.

Anda Dapat Mengisolasi Smart Gear dari Jaringan Utama Anda

Smart home gear, sering disebut dengan akronim IoT (Internet of Things), adalah—dalam banyak hal—sedikit berantakan baik dari sudut pandang keamanan dan sudut pandang jaringan.

Ada begitu banyak produk rumah pintar kotak putih dan tanpa merek di pasaran seperti colokan pintar dan Sakelar lampu Wi-Fi hampir menjadi jaminan di beberapa titik bahwa produk akan menjadi masalah. Entah mereka akan berhenti menerima pembaruan keamanan dan dukungan yang terbaik atau benar-benar dikompromikan paling buruk.

Semakin banyak alasan untuk menempatkan hal-hal itu di jaringan tamu terpisah di mana mereka dapat mengakses internet dan memenuhi fungsi cerdas mereka tetapi tidak dapat berbicara, katakanlah, server file PC atau rumah Anda.

Ini, bagaimanapun, bukan tanpa sakit kepala tambahan dalam beberapa kasus. Terkadang menempatkan peralatan rumah pintar di jaringan lokal yang terisolasi benar-benar mengganggu fungsi aplikasi kontrol atau bahkan perangkat itu sendiri, dan itu perlu dimigrasikan kembali ke jaringan utama Anda.

Anda Dapat Mengaktifkan dan Menonaktifkan Tamu Anda Jaringan di Will

Mematikan seluruh jaringan Wi-Fi Anda biasanya tidak dapat dimulai. Kami memiliki terlalu banyak perangkat, dan memotong akses internet ke semua orang adalah cara drastis untuk mengatasi mematikan akses ke sekelompok perangkat atau pengguna.

Tetapi dengan jaringan tamu, Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa memengaruhi perangkat atau pengguna utama Anda. Ingin mematikan akses internet di tablet keponakan Anda di penghujung malam? Hanya ingin sekelompok perangkat pintar Anda memiliki akses ke internet sesekali untuk mendapatkan pembaruan?

Meskipun Anda dapat mencapai hal-hal itu dengan trik dan alat jaringan yang lebih kompleks, mengelompokkannya bersama di jaringan tamu memudahkan untuk menutup akses sakelar.

Jadi apakah Anda ingin menyimpan produk rumah pintar dengan silsilah yang meragukan terisolasi atau menawarkan cara yang aman bagi tamu Anda untuk menjelajahi internet, meluncurkan jaringan tamu untuk melakukannya adalah ide bagus.

 

Itulah berita seputar 5 Alasan untuk Mengaktifkan Jaringan Tamu di Router Wi-Fi Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top