Cara mengaktifkan dukungan Drag and Drop di VirtualBox

Oracle VirtualBox bisa dibilang salah satu platform VM terbaik. Ini memiliki semua lonceng dan peluit dan memungkinkan pengguna untuk tidak hanya menjalankan satu OS tetapi beberapa sistem operasi pada satu mesin. Salah satu fitur terbaiknya adalah kemampuan drag and drop, dengan ini, Anda tidak perlu menyalin file ke USB flash drive dan kemudian menempelkannya ke VM. Dalam postingan ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat mengaktifkan dukungan Drag and Drop di VirtualBox.

Aktifkan dukungan Drag and Drop di VirtualBox

Fitur Drag and Drop memungkinkan pengguna untuk menyalin file dari komputer tamu dan menempelkannya ke sistem host dan sebaliknya. Alternatif untuk fitur ini adalah menyalin file ke drive USB dan kemudian menempelkannya ke komputer lain, yang, seperti yang Anda duga, tidak efisien.

Jika Anda ingin dukungan Seret dan Jatuhkan di VirtualBox, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.
Buka Oracle VirtualBox.Boot komputer Anda.Sekarang, klik Devices > Insert Guest Additions CD image.Kemudian, klik Run VBoxWindowsAdditions.exe. Jika tidak terjadi apa-apa, lanjutkan ke langkah ke-7. Anda akan melihat permintaan UAC, klik tombol Ya untuk melanjutkan. Sekarang, Anda harus memasang alat dan mem-boot ulang mesin Anda. Setelah selesai, buka Perangkat > Seret & Jatuhkan > Bidirectional.
Jika mau, Anda juga dapat memilih Device > Drag & Drop > Host to Guest atau Guest to Host.

Ini akan mengaktifkan fitur drag-and-drop, jadi, Anda cukup menyeret file dari VM ke komputer host atau sebaliknya. Ini sangat berguna untuk seseorang yang bekerja pada komputer tamu dan host pada saat yang sama.

Jika Anda menemukan diri Anda secara tidak sengaja menyeret dan menjatuhkan file dan fitur ini tampak berlebihan bagi Anda, cukup arahkan ke Perangkat > Seret & Jatuhkan > Dinonaktifkan.

Mengaktifkan Seret dan Lepas cukup sederhana, untuk sebagian besar, seseorang dapat menggunakan fitur ini dari opsi Perangkat > Seret & Lepas, namun, beberapa pengguna perlu menginstal file VBoxWindowsAdditions.exe. Kami telah menyebutkan panduan lengkap untuk mengaktifkan fitur drag-and-drop di Oracle VirtualBox.

Baca: Cara menginstal VirtualBox Guest Additions di Windows

Setelah fitur ini diaktifkan, untuk menggunakan drag and drop di VirtualBox, Anda harus memilih file dari komputer host (atau tamu), seret ke jendela lain, dan akhirnya jatuhkan file di mesin tamu (atau host). Proses ini pada dasarnya mengintegrasikan mesin fisik dan virtual yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan file di kedua perangkat.

Baca Juga: Cara memperbaiki VirtualBox USB tidak terdeteksi di komputer Windows.

Scroll to Top