GNU Linux-libres Upaya Freed-ora Untuk “Membebaskan Fedora” Telah Terbenam

  • Post author:
  • Post category:Linux

Freed-ora telah menjadi upaya yang jarang dibicarakan dari Free Software Foundation Amerika Latin pengelola GNU Linux-libre untuk memastikan kernel perangkat lunak yang sepenuhnya gratis diinstal pada sistem Fedora Linux yang tertarik dan bahwa tidak ada paket non-bebas yang diinstal pada sistem. Namun kini upaya itu telah berakhir. Dalam bentuknya yang terbaru, paket Freed-ora tersedia untuk diinstal pada sistem Fedora Linux yang sudah mapan yang akan memeriksa untuk memverifikasi tidak ada RPM non-bebas yang diinstal pada sistem, atur build kernel GNU Linux-libre menjadi kernel default , dan untuk mencegah penginstalan paket perangkat lunak tidak bebas secara tidak sengaja di masa mendatang pada sistem tersebut dengan memeriksa tag lisensi RPM. Pencegahan paket non-bebas mencakup firmware non-sumber terbuka untuk komponen perangkat keras dan paket non-bebas dari repositori lain.

Freed-ora belum benar-benar populer dan Alexandre Oliva dari FSFLA sejak berhenti menggunakan Fedora, tetapi telah setuju untuk terus mempertahankan Freed-ora hingga akhir siklus Fedora 35. Dengan Fedora 35 baru-baru ini dinyatakan sebagai akhir masa pakainya, dia menghentikan proyek karena tidak ada orang lain yang mengambil langkah untuk mempertahankannya. Dia menulis pesan perpisahan di milis GNU sambil mengenang proyek tersebut dan membuat beberapa komentar tentang Fedora. Untuk saat ini repositori Freed-ora yang sudah pensiun untuk F35 dan sebelumnya tetap dapat diakses. Mereka yang ingin menggunakan kernel Linux-libre di Fedora dianjurkan untuk mencoba RPMFreedom.

Itulah berita seputar GNU Linux-libres Upaya Freed-ora Untuk “Membebaskan Fedora” Telah Terbenam, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.