Clippy Menjadi Hidup dengan Chat-GPT dan Raspberry Pi

Karena Microsoft dengan bersemangat menambahkan Chat-GPT ke Bing, Word, Edge, dan lusinan produk lainnya, saya tidak dapat menahan diri untuk tidak memikirkan Clippy. Asisten lama dapat dilihat sebagai pendahulu AI modern dan kolaboratif. Jelas, orang lain memiliki pemikiran yang sama, tetapi mereka benar-benar melakukan sesuatu dengannya. Ahli robot David Packman membuat Clippy animatronik yang menjawab perintah suara menggunakan Chat-GPT. Seperti Alexa atau Siri, ia mendengarkan kata bangun (“Hei, Clippy”) dan meresponsnya. Perintah suara dan respons Clippy diproses melalui Azure Speech Services, dan semuanya berjalan di komputer Raspberry Pi.

Tapi ini bukan sekadar speaker pintar—ini adalah robot. TOPI CRICKIT Adafruit memungkinkan Clippy menggoyangkan alisnya, meniru animasi aslinya yang agak menggurui. Selain itu, gelembung ucapan kecil dengan layar bawaan menyediakan versi tertulis dari input suara pengguna dan output Chat-GPT Clippy.

Robot ClippyGPT menikmati peran utama dalam video Pengembang Microsoft baru-baru ini, tempat kreator David Packman membahas cara kerjanya (dan AI secara umum). Ini adalah video yang sangat menarik, terutama jika Anda penggemar teknologi retro dan upaya awal asisten perangkat lunak “cerdas”.

Jelas, iterasi Clippy ini jauh lebih maju daripada pendahulunya. Itu masih dapat membantu Anda memformat surat, tetapi berkat kekuatan Chat-GPT, itu dapat menjawab pertanyaan lanjutan, mengadakan percakapan, memandu Anda melalui resep, dan memenuhi beberapa tugas lainnya. Seperti yang dicatat Packman, Chat-GPT relatif fleksibel, dan ClippyGPT hanyalah salah satu contoh bagaimana AI percakapan dapat menghuni berbagai peran berbeda.

Jika Anda menginginkan ClippyGPT Anda sendiri, Anda dapat mengikuti instruksi pembuatan Packman di Hackster. Perhatikan bahwa ini adalah proyek yang cukup canggih yang memerlukan pencetakan 3D, pekerjaan elektronik, dan pengodean.

Sumber: David Packman & Microsoft melalui Raspberry Pi

Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top