GNOME 43.5 Menambahkan Dukungan Rasio Aspek 32:9, Mengisi Lebih Banyak Kebocoran Memori

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek GNOME hari ini mengumumkan ketersediaan umum GNOME 43.5 sebagai pembaruan pemeliharaan kelima untuk seri GNOME 43 stabil terbaru, sehari sebelum peluncuran seri lingkungan desktop GNOME 44.

GNOME 43.5 membawa beberapa perubahan, yang paling menarik menjadi dukungan untuk rasio aspek 32:9 dan urutan monitor yang lebih baik di panel Tampilan di Pengaturan, pengurangan penggunaan bandwidth memori untuk beberapa GPU di Mutter (43.4), serta peningkatan dukungan seret dan lepas dan pengurutan file setelah mengganti nama di Nautilus (43.3 .

Browser web Epiphany (GNOME Web) telah diperbarui ke versi 43.1 selama siklus ini, rilis yang menambahkan penyandian URL yang tepat yang disalin dari bilah alamat, menyembunyikan tanda bintang bookmark dalam mode aplikasi, dan mencegah pengisian otomatis kata sandi dalam konteks kotak pasir mengatasi kerentanan CVE-2023-26081 dari versi 43.0 dan rilis sebelumnya.

Perangkat lunak virtualisasi Kotak GNOME sekarang mendukung OVF sebagai media penginstalan yang dikenali format, menangani pengimporan gambar mentah dengan lebih baik, mem-parsing input unit IEC dengan benar, dan menggunakan tipe mime saat memvalidasi file OVA dalam versi 43.4.

Selain itu, beberapa regresi fokus XWayland diperbaiki di jendela Mutter dan manajer komposit, go- untuk animasi di Peta GNOME (43.5) dinonaktifkan untuk menghindari pembatasan oleh server petak, jenis mime aplikasi/zstd ditambahkan ke gnome-autoar, dan panel Seluler dan Pengguna di Pengaturan (Pusat Kontrol GNOME 43.5) telah diperbaiki.

A beberapa kebocoran memori kecil dipasang juga dari GNOME Shell (43.4), Perangkat Lunak GNOME (43.5), Mutter, Epiphany, dan Nautilus. Tentu saja, berbagai terjemahan bahasa dan bug lainnya juga diperbaiki untuk pengalaman desktop GNOME yang lebih baik.

Bagi Anda yang menggunakan seri lingkungan desktop GNOME 43 harus memperbarui instalasi Anda ke rilis 43.5 segera setelah paket mendarat di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux Anda. Pembaruan terencana berikutnya adalah GNOME 43.6, yang akan dirilis pada pertengahan April 2023.

Sumber: Google, 9to5linux.com