Cara Meluncurkan Browser Web Dalam Mode Kios (Layar Penuh) Dari CLI Di Linux

64K
Terkadang Anda mungkin ingin menjalankan aplikasi (terutama aplikasi web) 24/7 dalam mode layar penuh. Dalam panduan ini, kita akan melihat cara meluncurkan browser web dalam mode kios (layar penuh) dari baris perintah di Linux.
Konten
Apa itu Mode Kios?Luncurkan Browser Web dalam Mode Kios (Layar Penuh)Jalankan Mozilla Firefox dalam Mode KiosJalankan Google Chrome / Chromium dalam Mode Kios Jalankan Microsoft Edge dalam Mode Kios Sembunyikan penunjuk Mouse di perangkat Kios Nonaktifkan kunci layar dan hemat daya Demo visual Apa itu Mode Kios? hari, setiap hari.

Tidak hanya di mal, Anda mungkin pernah melihat ini di banyak tempat, seperti Restoran, Perpustakaan, dan Transportasi umum, dll. Anda tidak akan melihat lingkungan desktop atau OS, tetapi hanya aplikasi yang berjalan dalam layar penuh atau mode kios.

Menjalankan aplikasi dalam mode kios memberikan pengalaman yang mudah dipahami bagi pengguna dengan menempatkan di depan mereka hanya hal-hal yang perlu mereka gunakan, dan menghapus dari tampilan mereka hal-hal yang tidak perlu mereka akses.

Anda tentu saja dapat menekan tombol F11 untuk menampilkan browser dalam layar penuh. Namun, Anda harus melakukannya secara manual setiap kali setelah meluncurkan browser.

Dengan menjalankan browser dalam mode Kios, aplikasi akan otomatis diluncurkan dalam layar penuh. Pengguna tidak dapat mengembalikannya ke jendela normal dengan menekan tombol F11.

Saat Anda menjalankan browser dalam mode Kios,
Anda tidak akan melihat detail desktop atau OS, tombol X (tutup) akan disembunyikan, tombol F11 tidak akan berfungsi, bilah menu, bilah alat tidak akan terlihat, bilah status di bagian bawah tidak akan terlihat. menu konteks klik kanan tidak akan berfungsi. tautan tujuan tidak akan terlihat saat mengarahkan kursor ke tautan. Luncurkan Peramban Web dalam Mode Kios (Layar Penuh)

Untuk tujuan panduan ini, kita akan melihat cara meluncurkan Mozilla Firefox dan Google Chrome serta browser versi open source Chromium, dan Microsoft Edge dalam mode kios.
Jalankan Mozilla Firefox dalam Mode Kios

Untuk menjalankan Mozilla Firefox dalam mode kios atau layar penuh, cukup jalankan perintah berikut dari Terminal:

$ firefox -kiosk https://emka.web.id

Anda juga dapat menggunakan tanda hubung ganda (–) untuk opsi kios.

$ firefox --kiosk https:// emka.web.id

Ganti URL dengan milik Anda.

Sekarang browser web akan membuka situs web yang diberikan dalam mode layar penuh. Bilah alamat, bilah menu, bilah alat, dan bilah status tidak akan terlihat.

Anda tidak dapat menggunakan tombol F11 untuk mengembalikan browser ke mode normal. Browser akan terus berjalan hingga Anda menekan tombol ALT+F4 untuk menutup jendela browser secara manual.

Jika perintah di atas tidak berfungsi, coba perintah berikut:
$ firefox –kiosk –app=https://emka.web .id
Anda juga dapat memulai jendela browser pribadi (penyamaran) dalam mode Kios seperti di bawah ini:

$ firefox -kiosk -jendela pribadi https://emka.web.id

Jalankan Google Chrome / Chromium dalam Mode Kios

Untuk menjalankan browser Google Chrome atau Chromium di Mode kios, lakukan:

$ google-chrome -kiosk https://emka.web.id
$ chromium-browser -kiosk https://emka.web.id

Demikian pula, Anda dapat meluncurkan jendela browser pribadi menggunakan perintah:

$ google -chrome -kiosk -private-window https://emka.web.id
$ chromium-browser -kiosk -private-window https://emka.web.id

Jika Anda tidak dapat memulai Chrome/Chromium dalam mode Kios menggunakan perintah di atas , coba perintah berikut sebagai gantinya:

$ google-chrome --kiosk --app=https://emka.web.id
$ chromium-browser --kiosk --app=https://emka.web.id

Tekan ALT+ Tombol F4 untuk menutup jendela browser secara manual.
Jalankan Microsoft Edge dalam Mode Kios

Untuk menjalankan browser Microsoft Edge dalam mode Kios, lakukan:

$ microsoft-edge --kiosk https://emka.web.id/

Demikian pula, Anda dapat meluncurkan private jendela browser menggunakan perintah:

$ microsoft-edge -kiosk -private-window https://emka.web.id

Browser Microsoft Edge mendukung beberapa parameter tambahan. Lihat contoh berikut.

$ microsoft-edge --kiosk https://emka.web.id --Edge-kiosk-type=public-browsing --kiosk-idle-timeout-minutes=1

Di sini, –edge -kiosk-type=parameter penjelajahan publik digunakan untuk menjalankan versi multi-tab terbatas dari Microsoft Edge dalam mode kios. Ini akan membuka Microsoft Edge dalam mode kios dengan dukungan untuk tab terbatas dan sesi Microsoft Edge InPrivate, yang melindungi data pengguna.

Dan parameter –kiosk-idle-timeout-minutes digunakan untuk mengubah waktu (dalam menit) dari yang terakhir aktivitas pengguna sebelum mode kios Microsoft Edge menyetel ulang sesi pengguna dengan menutup browser.

Nilai-nilai berikut ini didukung:

Nilai default:
Layar penuh – dimatikan Penjelajahan publik – 5 menit
Nilai yang diizinkan:
0 – mematikan pengatur waktu1-1440 menit untuk menyetel ulang saat tidak ada aktivitasr
Tekan Tombol ALT+F4 untuk menutup jendela browser secara manual.
Sembunyikan Penunjuk tetikus di perangkat Kios

Salah satu masalah umum di perangkat Kios adalah penunjuk tetikus. Kursor mouse dapat mengalihkan perhatian pengguna atau menghalangi area layar yang dilihat pengguna. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menyembunyikan penunjuk tetikus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Untuk detail selengkapnya, lihat panduan berikut:
Sembunyikan Penunjuk Mouse Secara Otomatis Menggunakan Rapikan Setelah Waktu TertentuNonaktifkan kunci layar dan hemat daya

Jika Anda ingin menjalankan sistem Anda dalam mode Kios, Anda perlu mencegah layar mati atau menganggur secara otomatis setelah waktu tertentu time.

Di desktop GNOME, layar akan kosong setelah 5 menit tidak aktif. Untuk menonaktifkan kunci Layar, buka Pengaturan -> Privasi -> Kunci Layar dan atur “Tidak Pernah” untuk opsi Penundaan Layar Kosong. Nonaktifkan juga opsi Kunci Layar Otomatis dan nonaktifkan notifikasi pada layar Kunci.

Kemudian buka Pengaturan -> bagian Daya dan nonaktifkan opsi “Redupkan Layar Saat Tidak Aktif” dan setel “Tidak Pernah” untuk opsi Layar Kosong.

Jika Anda menjalankan aplikasi pihak ketiga mana pun indikator, atau aplikasi screensaver, Anda juga perlu menonaktifkannya.
Visual demo

Berikut adalah demonstrasi visual singkat untuk menjalankan browser web dalam mode kios atau layar penuh dari baris perintah di Linux dan sistem operasi mirip Unix.

Semoga ini membantu.

Scroll to Top