Akankah macOS 14 Sonoma Berjalan di MacBook atau Desktop Mac Saya?

Dengan berlalunya setiap tahun datang pembaruan besar gratis untuk macOS, tersedia sebagai unduhan gratis di musim gugur. macOS 14 Sonoma hadir dengan beberapa fitur baru yang bagus.

Kompatibel Dengan Apple Silicon dan Beberapa Intel Macs

Meskipun Apple mengalihkan seluruh jajaran Mac ke Apple Silicon (akhirnya mengumumkan M2 Ultra Mac Pro), macOS 14 Sonoma masih memiliki dukungan terbatas untuk model Intel Mac. Selain dukungan untuk semua model Apple Silicon dengan chip M1 atau lebih baik, macOS 14 Sonoma juga akan mendukung iMac 2019, Mac Pro 2017, iMac Pro 2017, MacBook Air 2018, MacBook Pro 2018, dan Mac mini 2018 atau lebih baru.

Anda dapat mengetahui model Mac yang Anda miliki dengan mengeklik logo Apple di pojok kiri atas layar diikuti dengan opsi “Tentang Mac Ini”. Anda akan melihat nama model Mac Anda dan tahun rilis muncul di jendela di desktop Anda.

Dengan macOS 14, 2017 adalah titik batas baru untuk model Mac lama. Artinya, rilis tahun ini menghilangkan dukungan untuk iMac 2017 dan 2018, MacBook Pro 2017, dan semua model jajaran MacBook. Model ini didukung dalam rilis sebelumnya, macOS 13 Ventura.

Jika Mac Anda tidak lagi didukung, Anda akan tetap menerima pembaruan keamanan terbatas. Anda bahkan mungkin dapat menginstal macOS 14 Sonoma di Mac Anda yang tidak didukung saat pembaruan turun.

Beberapa Fitur Akan Memerlukan Apple Silicon

Seperti halnya dengan macOS Ventura, tidak semua fitur akan kompatibel dengan semua model Mac. Hanya karena Mac Anda dapat menjalankan macOS 14 tidak berarti Anda akan mendapatkan semua fitur baru, tetapi itu berarti Anda akan melihat versi utama baru dari aplikasi inti seperti Safari, Pesan, dan penyempurnaan layanan seperti FaceTime.

Satu fitur semacam itu yang hilang pada model Intel Mac adalah mode konferensi video Presenter Overlay baru, yang memungkinkan Anda berbagi layar dan melapisi gambar webcam Anda secara bersamaan. Fitur serupa yang memungkinkan Anda memicu reaksi dengan gerakan tangan juga terbatas pada model Apple Silicon.

Game Mode, yang memprioritaskan game yang Anda mainkan di CPU dan GPU dan sangat mengurangi latensi saat menggunakan AirPods dan pengontrol Bluetooth juga terbatas pada Apple Model silikon, seperti fitur aksesibilitas Suara Pribadi baru yang memungkinkan perangkat Apple modern untuk meniru suara Anda. Datang sebagai Pembaruan Gratis pada Musim Gugur 2023

macOS 13 Ventura dirilis pada 24 Oktober 2022. Ini melanjutkan taktik Apple yang biasa merilis perangkat lunak Mac tahunannya perbarui setelah pembaruan iPhone keluar dari pintu.

Lihat fitur macOS 14 Sonoma yang menonjol datang ke Mac Anda yang kompatibel di musim gugur. Punya iPhone atau iPad? Dapatkan lowdown di iOS 17 dan iPadOS 17 juga.

Disadur dari HowToGeek.com.

Scroll to Top