Cara Membuat Link Download Langsung File Google Drive

Anda semua pernah menemukan laman web yang tidak diinginkan yang terbuka saat Anda mengeklik tautan file Google Drive. Untungnya, dengan solusi ini, Anda dapat membuat tautan unduhan langsung untuk file Anda dan melewati halaman web tersebut. Kami akan menunjukkan caranya.

Mengonversi Tautan File Google Drive ke Unduhan Langsung

Solusi ini menggunakan ID file yang Anda bagikan di tautan khusus untuk mengaktifkan unduhan langsung untuk file Anda. Anda dapat menggunakan metode ini di semua perangkat Anda, termasuk Windows, Mac, Linux, Chromebook, iPhone, iPad, dan Android.

Kami akan menggunakan browser web desktop untuk demonstrasi.

Mulailah dengan membuka browser web di komputer Anda dan mengakses situs Google Drive. Di situs tersebut, temukan file yang ingin Anda jadikan tautan unduhan langsung.

Klik kanan file Anda (atau klik tombol tiga titik), lalu navigasikan ke Bagikan > Bagikan.

Jika Anda cukup mengeklik “Salin Tautan”, Anda harus menyetujui akses secara manual untuk setiap orang yang mencoba menggunakannya. Dalam beberapa situasi, ini merupakan fitur hebat, namun dapat membuat pendistribusian file ke banyak orang menjadi sangat melelahkan.

Jendela “Berbagi dengan Orang dan Grup” akan terbuka. Jika Anda hanya ingin orang tertentu dapat mengunduh file Anda, bagikan file Anda dengan mereka. Atau, untuk mengizinkan siapa pun di internet mengunduh file Anda, klik menu drop-down di bawah “Akses Umum” dan ubah pengaturannya menjadi “Siapa pun yang Memiliki Tautan”.

Pada jendela “Bagikan dengan Orang dan Grup” yang sama, dari bagian “Dapatkan Tautan”, pilih “Salin Tautan”. Ini menyalin tautan ke file Google Drive Anda.

Tautan yang Anda salin akan terlihat seperti berikut. Dari tautan ini, salin teks di antara d/ dan /view . Ini adalah ID file unik untuk file Google Drive Anda.

https://drive.google.com/file/d/1Q7MB6smDEFd-PzpqK-3cC2_fAZc4yaXF/view?usp=sharing

Di tautan berikut, ganti FILEID dengan ID file unik yang Anda disalin dari atas.

https://drive.google.com/uc?export=download&id=FILEID

Tautan terakhir Anda akan terlihat seperti ini:

https://drive.google.com/uc?export=download&id=1Q7MB6smDEFd-PzpqK-3cC2_fAZc4yaXF

Dan itulah link download langsung file Google Drive pilihan Anda. Klik link tersebut atau tempelkan ke browser Anda, dan alih-alih menampilkan halaman web, pengunduhan file akan segera dimulai. Sangat berguna!

Pada catatan terkait, tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat tautan “Buat Salinan” ke file Google Drive Anda?

Scroll to Top