Baterai iPhone 16 sebaiknya dibuat di India, kata Apple kepada pemasok

iPhone 16 batteries (iPhone 15 battery shown)
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengurangi ketergantungannya pada Tiongkok, Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasoknya bahwa mereka lebih memilih baterai iPhone 16 yang dibuat di India.

Salah satu pemasok baterai yang sudah berproduksi di India telah diminta untuk meningkatkan produksi di sana, dan pemasok Tiongkok telah didesak untuk mendirikan pabrik baterai di negara tersebut …

Apple terlalu bergantung pada China

Keputusan untuk memindahkan sebagian besar manufaktur Apple Operasi ke Tiongkok awalnya dilakukan oleh salah satu pendiri perusahaan, Steve Jobs, dan pembentukan rantai pasokan yang terintegrasi erat di negara tersebut secara luas dianggap sebagai salah satu pencapaian terbesar Tim Cook saat ia menjadi COO.

Pada saat itu, strategi ini sangat masuk akal dan merupakan kunci kesuksesan Apple. Namun, sejak saat itu, banyak hal telah berubah. Seperti yang sudah lama kami katakan, ketergantungan Apple pada Tiongkok telah berubah dari salah satu kekuatan terbesarnya menjadi kelemahan terbesarnya – karena tiga alasan.

Terlalu bergantung pada salah satu negara merupakan risiko strategis. Misalnya, pandemi COVID-19 berasal dari sana dan berdampak besar pada kapasitas produksi. Apa pun mulai dari bencana alam hingga pergolakan politik dapat mengganggu operasi di satu negara, jadi sangatlah bijaksana untuk memiliki beragam pusat manufaktur di seluruh dunia.

Kedua, hubungan antara AS dan Tiongkok sering kali penuh ketegangan. Perang dagang yang dimulai oleh pemerintahan AS sebelumnya berada pada titik terendah, namun ketegangan yang terus berlanjut berarti selalu ada risiko gangguan perdagangan antara kedua negara.

Ketiga, reputasi Apple semakin rusak jika dikaitkan erat dengan negara yang memiliki catatan hak asasi manusia yang semakin buruk – terutama ketika pembuat iPhone tidak punya pilihan selain mematuhi undang-undang setempat, seberapa besar pun konfliknya dengan perusahaan. nilai-nilai sendiri.

Memproduksi baterai iPhone 16 di India

Laporan Financial Times menyebutkan bahwa Apple ingin sebanyak mungkin baterai iPhone 16 dibuat di India, bukan China.

Perusahaan paling berharga di dunia telah memberi tahu pemasok komponen tentang preferensi mereka untuk mendapatkan baterai untuk iPhone 16 mendatang dari pabrik di India, menurut dua orang yang dekat dengan Apple.

Produsen baterai, seperti Desay dari Tiongkok, telah didorong untuk mendirikan pabrik baru di India, sementara Simplo Technology, pemasok baterai Taiwan untuk Apple, telah diminta untuk meningkatkan produksi di India untuk pesanan di masa mendatang, kata tiga orang yang mengetahui hal tersebut. situasi.

Pemasok baterai Jepang TDK juga sedang mempersiapkan produksinya sendiri di India.

Seorang menteri pemerintah India minggu ini mengatakan TDK, pemasok Apple Jepang, sedang mendirikan fasilitas seluas 180 hektar di Manesar di negara bagian Haryana untuk membangun sel baterai yang akan digunakan pada iPhone buatan India. Dalam postingan di X, Rajeev Chandrasekhar, Menteri Negara Elektronika dan TI, mengucapkan selamat kepada Apple, TDK, dan pejabat setempat karena telah mewujudkan “tujuan pemerintah untuk memperdalam ekosistem manufaktur elektronik di India”.

Namun hal itu tidak akan berjalan tepat waktu untuk iPhone 16 – perusahaan mengatakan mereka mengharapkan untuk memulai produksi lokal pada tahun 2025.

Foto: iFixit

Itulah konten tentang Baterai iPhone 16 sebaiknya dibuat di India, kata Apple kepada pemasok, semoga bermanfaat.