Charles T Munger meninggal – orang yang dipuji oleh Warren Buffett atas investasinya di AAPL

Charles T Munger
Wakil ketua Berkshire Hathaway Charles T Munger meninggal kemarin – orang yang dipuji oleh Warren Buffett dengan perubahan strategi investasi yang menyebabkan konglomerat berinvestasi secara besar-besaran di AAPL …

The New York Times melaporkan bahwa strategi investasi awal Buffett adalah membeli apa yang disebutnya perusahaan “puntung cerutu”.

Buffett menjadi terkenal pada tahun 1950-an dengan membeli perusahaan-perusahaan bermasalah dengan diskon besar. (Dia menyebutnya “puntung cerutu,” karena berinvestasi di dalamnya, katanya, seperti “mengambil puntung cerutu yang sudah dibuang dan masih ada satu isapan yang tersisa di dalamnya.”)

Munger-lah yang benar-benar mengubah pendekatannya.

Tuan Buffett menggambarkannya sebagai pencetus pendekatan investasi Berkshire Hathaway. “Cetak biru yang dia berikan kepada saya sederhana saja: Lupakan apa yang Anda ketahui tentang membeli bisnis yang adil dengan harga yang bagus; sebaliknya, belilah bisnis yang bagus dengan harga yang wajar,” Mr. Buffett pernah menulis dalam laporan tahunan […]

Mr. Munger menasihati Mr. Buffett bahwa jika dia ingin membangun perusahaan besar dan berkelanjutan yang akan mengungguli investor lain, dia harus membeli perusahaan bermerek yang solid. “Dia adalah arsiteknya dan saya adalah kontraktor umum,” kata Mr. Buffett tentang hubungan mereka.

Munger memiliki pendekatan sederhana setiap kali pasangan tidak setuju mengenai suatu keputusan.

“Kami tidak pernah bertengkar,” kata Mr. Buffett. Mengulangi salah satu kalimat favorit Pak Munger, Pak Buffett mengatakan bahwa jika ada perbedaan, Pak Munger akan berkata, “Warren, pikirkan lagi dan Anda akan setuju dengan saya karena Anda pintar dan saya benar.”

Buffett mengatakan awal tahun ini bahwa Apple adalah bisnis terbaik yang dimiliki Berkshire. Pada tahun 2020 lalu, keberhasilan investasi tersebut diringkas dalam satu kalimat.

“Berkshire Hathaway dari Warren Buffett telah menghasilkan lebih banyak uang dari Apple dalam empat tahun dibandingkan nilai perusahaan mana pun 20 tahun yang lalu” – Theron Mohamed

Foto: Nick Webb/CC2.0

Itulah konten tentang Charles T Munger meninggal – orang yang dipuji oleh Warren Buffett atas investasinya di AAPL, semoga bermanfaat.