Mengapa Tampilan iPhone Anda Terus Meredup (dan Cara Menghentikannya)

Untuk menonaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas >Tampilan & Ukuran Teks, lalu nonaktifkan “Kecerahan Otomatis”. Fitur Sadar Perhatian juga dapat menyebabkan layar Anda meredup. Untuk menonaktifkan Fitur Sadar-Perhatian, navigasikan ke Pengaturan > Aksesibilitas > ID Wajah & Perhatian, dan nonaktifkan ketuk tombol untuk “Fitur Sadar-Perhatian”.

Jika layar iPhone Anda terus meredup, hal ini kemungkinan disebabkan oleh fitur yang secara otomatis menyesuaikan warna layar atau kecerahan berdasarkan kondisi cahaya atau masa pakai baterai. Berikut adalah lima cara untuk memperbaikinya.

Setel Tingkat Kecerahan Secara Manual

Secara default, iPhone Anda secara otomatis menyesuaikan kecerahan layarnya tergantung pada lingkungan Anda. Ini akan berada pada level tertinggi jika Anda keluar pada hari yang cerah, misalnya.

Namun, jika Anda tidak menyukai fitur ini, Anda dapat mematikannya dan mengubah sendiri kecerahannya. Untuk melakukan ini, buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda dan masuk ke menu “Aksesibilitas”.

Dalam Aksesibilitas, ketuk “Tampilan & Ukuran Teks.”

Dalam “Ukuran Tampilan & Teks,” gulir ke bawah dan alihkan “Otomatis- Opsi Kecerahan” dengan menekan tombol di sampingnya.

IPhone Anda tidak akan lagi mengubah tingkat kecerahan secara otomatis. Anda harus melakukannya secara manual dengan menyesuaikan bilah kecerahan di Pusat Kontrol.

Matikan Fitur Sadar Perhatian

Jika Anda memiliki iPhone dengan ID Wajah, ponsel Anda mungkin meredupkan layar saat mengira Anda tidak melihatnya menghemat masa pakai baterai. Untuk memastikan fitur pintar ini tidak mengganggu kecerahan layar ponsel Anda, coba matikan selama sehari.

Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > ID Wajah & Perhatian dan nonaktifkan “Fitur Sadar Perhatian”.

Pecahkan Masalah Opsi True Tone

IPhone yang lebih baru (seperti iPhone 8 dan yang lebih baru) memiliki kemampuan untuk mengatur suhu dan intensitas warna layar tergantung pada cahaya sekitar ruangan Anda. Ini disebut “Nada Sejati”. Namun hal ini bisa jadi untung atau rugi, terutama jika Anda terus bergerak.

Matikan True Tone untuk menjaga tampilan tampilan Anda tetap konsisten dan juga mencegahnya berfluktuasi. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Kemudian, ketuk tombol di samping “True Tone” untuk menonaktifkannya.

Nonaktifkan Night Shift

Night Shift adalah pengaturan lain yang dapat menghambat kecerahan layar Anda. Ini mengubah warna layar Anda menjadi lebih hangat sehingga lebih nyaman dilihat di malam hari. Namun saat diterapkan, layar ponsel Anda mungkin juga tampak lebih redup dari biasanya.

Anda dapat menonaktifkan Night Shift untuk melihat apakah ini mengatasi gangguan kecerahan ponsel Anda. Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan, lalu ketuk “Pergeseran Malam”.

Saat iPhone Anda dalam keadaan idle, layarnya otomatis mati dan terkunci sendiri untuk menghemat daya. Saat hendak melakukan hal tersebut, ia juga meredupkan layar untuk memberi tahu Anda bahwa perangkat akan mati.

Tetapi jika layar Anda terlalu sering meredup, Anda dapat memperpanjang waktu yang diperlukan iPhone untuk mengunci.

Go ke Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan ketuk “Kunci Otomatis.”

Di menu yang muncul, pilih periode waktu “Kunci Otomatis” yang baru. Anda juga dapat memilih opsi “Tidak Pernah” jika Anda tidak ingin iPhone Anda terkunci sendiri.

Setelah itu, keluar dari Pengaturan, dan semoga masalah Anda sekarang telah teratasi. Semoga beruntung!