Blob Biner PowerVR Ditambahkan ke Linux-Firmware.Git Untuk Driver Grafis Baru

Dengan driver grafis kernel sumber terbuka Imagination PowerVR yang diharapkan untuk Linux 6.8, gumpalan biner firmware yang diperlukan kini telah diterima di linux-firmware.git.
Seperti driver grafis kernel sumber terbuka AMD, Intel, dan NVIDIA terbaru, biner firmware diperlukan untuk mengaktifkan dukungan perangkat keras. Digabung pada hari Senin ke linux-firmware.git adalah firmware PowerVR untuk target GPU yang awalnya didukung. Linux-firmware.git berfungsi sebagai gudang de facto untuk semua binari firmware yang digunakan oleh banyak driver kernel Linux arus utama sumber terbuka mulai dari jaringan hingga grafis.
Dalam penerapan firmware PowerVR awal, firmware ditambahkan untuk GPU Imagination Technologies AXE-1-16M. Firmware ini telah diuji dengan driver kernel DRM “powervr” sumber terbuka yang diharapkan untuk Linux 6.8.
Halaman produk Imagination AXE-1-16M dengan fitur yang tampak seperti CPU Intel LGA-775. Tidak dengan prosesor yang dicolokkan, tetapi Intel memang menggunakan grafis PowerVR pada masa Poulsbo yang terkenal beberapa tahun lalu. Namun Pouslbo juga tidak relevan dengan aktivitas driver sumber terbuka PowerVR saat ini. Firmware hadir sebagai biner 114688 byte yang sekarang dapat didistribusikan ulang oleh distribusi kernel Linux dan pihak lain yang ingin memberikan dukungan untuk tumpukan grafis PowerVR sumber terbuka ini dengan driver kernel DRM yang akan datang dan driver PowerVR Vulkan yang sudah digabungkan dalam Mesa.

Itulah berita seputar Blob Biner PowerVR Ditambahkan ke Linux-Firmware.Git Untuk Driver Grafis Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.