LVFS Telah Menyediakan Lebih dari 100 Juta Pembaruan Firmware Untuk Pengguna Linux

Para insinyur Red Hat yang bertanggung jawab untuk menciptakan Layanan Firmware Vendor Linux (LVFS) merayakannya malam ini dengan LVFS yang dipasangkan dengan utilitas pembaruan firmware Fwupd Linux yang kini telah melayani lebih dari 100 juta pembaruan firmware!
Sekitar satu setengah tahun yang lalu LVFS melayani 52 juta unduhan dan kini telah melewati ambang batas 100 juta! Atau pada bulan Desember 2021 adalah saat LVFS menyajikan unduhannya yang ke-40 juta — +60 juta hanya dalam dua tahun. Itu terjadi di awal tahun 2019 ketika pada saat itu tampak mengesankan menyajikan 5 juta file firmware.

FWUPD/LVFS telah mempermudah pembaruan banyak firmware sistem dan firmware perangkat/periferal di Linux. Sebelum dukungan LVFS meluas, sering kali merupakan tugas berat bagi pengguna Linux untuk memperbarui firmware perangkat karena sering kali harus melakukan booting ke instalasi Microsoft Windows, menggunakan FreeDOS untuk pembaruan BIOS sistem di masa lalu, atau tidak memperbarui firmware.
Pengembang utama

Fwupd/LVFS Richard Hughes dari Red Hat menulis di blognya:
“Seiring dengan bertambahnya jumlah perangkat yang didukung oleh LVFS setiap minggunya, saya senang bahwa komunitas di sekitar fwupd tumbuh seiring dengan popularitasnya. Google dan Collabora juga telah menjadi mitra yang luar biasa dalam mendorong dan membantu vendor untuk mengirimkan pembaruan pada LVFS dan mendukung fwupd di ChromeOS — dan kepercayaan serta dukungan mereka sangat berharga. Saya juga senang dengan “proyek sampingan” seperti “Firmware GNOME”, “ID Keamanan Host”, “firmware ramah fwupd” dan “uSWID sebagai format SBoM” juga tampaknya berkembang menjadi proyek independen. Detail selengkapnya ada di blog Richard untuk tonggak bersejarah ini.

Itulah berita seputar LVFS Telah Menyediakan Lebih dari 100 Juta Pembaruan Firmware Untuk Pengguna Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.