Red Hat Enterprise Linux 10 Menjatuhkan Server X.Org Kecuali XWayland

Red Hat telah secara resmi mengkonfirmasi apa yang dipikirkan banyak orang: Red Hat Enterprise Linux 10 akan menghilangkan dukungan X.Org Server selain XWayland.
Bagi mereka yang menggunakan Red Hat Enterprise Linux 10 dalam pengaturan desktop, RHEL10 yang akan dirilis pada H1`2025 akan berfokus pada Wayland. Dukungan klien X11 hanya akan datang melalui XWayland.
Carlos Soriano Sanchez dari Red Hat mengonfirmasi di blog Red Hat:
“Hasil dari evaluasi ini adalah, meskipun masih ada beberapa kesenjangan dan penerapan yang memerlukan adaptasi pada tingkat tertentu, kami yakin infrastruktur dan ekosistem Wayland berada dalam kondisi yang baik, dan kami berada di jalur yang baik bagi penghambat yang teridentifikasi untuk mencapai tujuan tersebut. diselesaikan pada saat RHEL 10 keluar, rencananya akan dirilis pada paruh pertama tahun 2025.
Dengan ini, kami memutuskan untuk menghapus server Xorg dan server X lainnya (kecuali Xwayland) dari RHEL 10 dan rilis berikutnya. Xwayland harus mampu menangani sebagian besar klien X11 yang tidak akan segera di-porting ke Wayland, dan jika diperlukan, pelanggan kami akan dapat tetap menggunakan RHEL 9 selama siklus hidupnya penuh sambil menyelesaikan hal-hal spesifik yang diperlukan untuk transisi ke ekosistem Wayland. Penting untuk dicatat bahwa “Xorg Server” dan “X11” tidak sama, X11 adalah protokol yang akan terus didukung melalui Xwayland, sedangkan Xorg Server adalah salah satu implementasi dari protokol X11.

Keputusan ini akan memungkinkan kami untuk memfokuskan upaya kami mulai dari RHEL 10 hanya pada tumpukan dan ekosistem modern. Ini berarti kita akan mampu mengatasi masalah seperti HDR, peningkatan keamanan, pengaturan dengan campuran tampilan dengan kepadatan rendah dan tinggi atau tampilan dengan kepadatan sangat tinggi, hot-plugging GPU/Display yang lebih baik, gerakan dan pengguliran yang lebih baik, dan sebagainya. Kami yakin bahwa Wayland akan menyediakan platform yang solid dan kami bersemangat untuk bekerja sama dengan komunitas dan semua mitra serta pelanggan kami dalam membangun masa depan Linux.” Bukan suatu kejutan pada tahap ini, tapi senang melihat Red Hat merasa nyaman dan cukup percaya diri dalam peran utama Wayland dengan Red Hat Enterprise Linux 10.

Ini juga semakin memperkuat Server X.Org yang pada dasarnya mati di bagian hulu. Insinyur Red Hat biasanya adalah orang yang mengelola rilis Server X.Org baru serta melakukan berbagai pengembangan. Belum ada rilis X.Org Server yang besar selama bertahun-tahun selain XWayland dan tidak ada yang benar-benar mengelola rilis fitur baru atau bahkan rilis poin selain saat meluncurkan perbaikan keamanan atau perbaikan bug yang menonjol. Pada tahun 2025, Red Hat akan semakin enggan melakukan investasi lebih lanjut ke Server X.Org selain perawatan keamanan/bug untuk pelanggan RHEL9.

Itulah berita seputar Red Hat Enterprise Linux 10 Menjatuhkan Server X.Org Kecuali XWayland, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.