Cara menandatangani PDF di Google Drive

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menandatangani PDF di Google Drive . Google menambahkan dukungan asli untuk eSignatures ke Dokumen dan Drive untuk memudahkan pengguna meminta dan meninggalkan tanda tangan pada dokumen digital. Namun, fitur ini masih dalam versi beta dan hanya tersedia untuk pengguna Workspace tertentu yang memenuhi syarat. Belum ada informasi kapan akan tersedia untuk pengguna akun pribadi gratis Google.

Sementara itu, pengguna Gmail dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menandatangani PDF secara elektronik melalui Google Drive. Dalam postingan ini, kami akan menunjukkan cara menandatangani dokumen PDF di Google Drive secara gratis di PC Windows 11/10.

Cara menandatangani PDF di Google Drive

Anda dapat menandatangani PDF di Google Drive melalui aplikasi yang terhubung. Ada banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga yang memungkinkan Anda dengan mudah menandatangani dokumen PDF yang disimpan di Google Drive Anda. Anda dapat mengakses dokumen-dokumen ini di dalam aplikasi, menandatanganinya secara elektronik, dan mengunggahnya kembali ke drive. Banyak aplikasi juga mengizinkan penandatanganan PDF langsung di dalam Google Drive. Di bagian berikut, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah mendetail dalam menandatangani PFD secara elektronik di aplikasi Google Drive menggunakan metode berikut:

Gunakan Google DokumenGunakan add-on pihak ketiga Mari kita lihat ini secara detail.

1] Gunakan Google Documents untuk menandatangani PDF di Google Drive Buka drive.google.com dan masuk ke akun Anda. Klik pada dokumen PDF yang diinginkan untuk membuka pratinjaunya. Di bagian atas pratinjau dokumen, klik tarik-turun Buka dengan dan pilih Google Dokumen di bawah Aplikasi yang terhubung . Dokumen akan terbuka di aplikasi web Google Dokumen di tab browser baru.

Klik pada menu Sisipkan di atas dan pilih Gambar > Baru . Jendela Gambar akan terbuka. Klik pada alat Garis di atas editor gambar dan pilih Coretan dari dropdown yang muncul.

Sekarang Anda telah memilih alat coretan. Arahkan kursor Anda ke area kanvas dan gunakan penunjuk tetikus untuk membuat tanda tangan Anda. Setelah selesai, klik tombol Simpan dan Tutup di pojok kanan atas.

Tanda tangan akan muncul di atas dokumen PDF di Google Docs. Pilih tanda tangan dan arahkan penunjuk tetikus ke sudut kanan bawah tanda tangan. Itu akan berubah menjadi panah berkepala dua. Klik dan gerakkan penunjuk ke arah dalam atau luar untuk menyesuaikan ukuran tanda tangan. Sesuaikan juga opsi Wrap Text . Sekarang klik dan seret tanda tangan dan letakkan di lokasi yang diinginkan di PDF. Perubahan yang Anda lakukan secara otomatis akan disimpan ke versi asli dokumen di Google Drive.

Anda juga dapat mengunggah gambar pindaian tanda tangan Anda ke dokumen PDF di Google Documents. Buka Sisipkan > Unggah > Gambar dari komputer . Dalam dialog Buka, telusuri dan pilih gambar dan klik Buka . Gambar akan muncul di dokumen. Sesuaikan ukuran dan pembungkusan teks untuk gambar (seperti dijelaskan di atas) dan letakkan di lokasi yang diinginkan pada dokumen.

2] Gunakan add-on pihak ketiga untuk menandatangani PDF di Google Drive Ada banyak add-on pihak ketiga yang memungkinkan Anda menandatangani dokumen PDF di Google Drive seperti DocHub, LuminPDF, SmallPDF, , dan Adobe Acrobat Add- aktif untuk Google Drive . Add-on ini memungkinkan Anda menandatangani sejumlah dokumen sebanyak ‘n’ per bulan secara gratis (dengan ‘n’ berbeda-beda tergantung aplikasi yang satu dengan aplikasi lainnya). Mereka juga memiliki paket premium untuk tanda tangan elektronik tanpa batas. Mari kita lihat cara menandatangani PDF di Google Drive menggunakan add-on DocHub dan Adobe Acrobat.

A] eSign PDF menggunakan DocHub – PDF Sign dan Edit Buka drive.google.com dan buka dokumen yang perlu ditandatangani. Klik pada dropdown Buka dengan di atas dan pilih Terhubung lebih banyak aplikasi s. Anda akan melihat popup Google Workspace Marketplace . Ketik ‘dochub’ di bilah Cari aplikasi dan pilih DocHub – Tanda Tangan PDF dan Edit dari hasil yang muncul. Klik tombol Instal untuk mulai menginstal add-on.

Catatan: Add-on ini juga dapat muncul di bawah aplikasi pihak ketiga yang disarankan. Cukup klik namanya untuk menginstal aplikasi di akun Google Anda.

Pilih akun Google untuk menginstal add-on. DocHub akan meminta izin Anda untuk mengakses akun tersebut. Klik pada Izinkan untuk memberikan izin yang diperlukan. Aplikasi ini memerlukan waktu beberapa detik untuk dipasang dan terhubung.

Kembali ke pratinjau dokumen di Google Drive, pilih Buka dengan > DocHub – Tanda Tangan PDF dan Edit . Ini akan terbuka di dalam jendela editor DocHub di tab baru. Klik opsi Sign pada toolbar di atas dan pilih Buat tanda tangan Anda .

Popup jendela Buat Tanda Tangan akan muncul. Anda dapat membuat tanda tangan menggunakan Ponsel sebagai bantalan tanda tangan jari, Gambar tanda tangan Anda, Unggah Gambar tanda tangan Anda, atau Ketik tanda tangan Anda dalam format yang diinginkan.

Setelah dibuat, tanda tangan akan muncul di bawah dropdown Tanda Tangan. Pilih
Itulah konten tentang Cara menandatangani PDF di Google Drive, semoga bermanfaat.