Cara Mengirim File Besar Menggunakan Mail Drop di iPhone, Mac, dan PC

Sebagian besar penyedia layanan email memiliki batasan ukuran lampiran, sehingga menyulitkan orang untuk berbagi file yang terlalu besar. Di situlah Mail Drop berperan, memungkinkan Anda mengirim banyak file besar dari iPhone, iPad, Mac, atau PC.

Apa Itu Mail Drop dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mail Drop adalah fitur di aplikasi Apple Mail dan situs web iCloud Mail yang memungkinkan Anda mengirim lampiran berukuran besar hingga 5 GB menggunakan iCloud. Ini adalah solusi sempurna jika Anda ingin mengirim konten berukuran besar, seperti video berdurasi panjang, foto resolusi tinggi, atau presentasi kerja yang ekstensif. Anda dapat dengan mudah mengakses fitur ini di perangkat Apple (iPhone, iPad, atau Mac) dan komputer mana pun menggunakan iCloud di web.

Saat Anda mengirim email dengan lampiran besar menggunakan Mail Drop, file tidak dilampirkan langsung ke email. Sebaliknya, mereka diunggah ke iCloud dengan tautan aman yang disertakan dalam email. Penerima dapat mengeklik tautan untuk mengakses dan mengunduh file langsung dari iCloud. Mereka dapat mengunduh file menggunakan browser web apa pun, meskipun mereka tidak memiliki ID Apple atau perangkat Apple.

Anda harus memiliki ID Apple untuk menggunakan iCloud dan mengakses fitur ini, namun Mail Drop tidak menggunakan ruang penyimpanan iCloud Anda . Ini berarti Anda dapat mengirim file besar tanpa membeli langganan iCloud+ atau mengkhawatirkan penyimpanan Anda.

Lampiran Mail Drop tersedia untuk diunduh selama 30 hari setelah email dikirim. Jika penerima tidak mengunduh lampiran dalam waktu 30 hari, file akan kedaluwarsa dan penerima tidak dapat lagi mengaksesnya.

Selain batas ukuran Mail Drop 5GB, ada batas penyimpanan total sebesar 1TB untuk setiap pengguna di waktu tertentu. Jika Anda melebihi batas ini, Anda harus menunggu hingga beberapa lampiran Anda kedaluwarsa sebelum Anda dapat mengirim lebih banyak file.

Mengirim dan mengunduh file melalui Mail Drop mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda.

Caranya Gunakan Mail Drop di iPhone atau iPad

Mail Drop diaktifkan secara otomatis untuk aplikasi Apple Mail di iPhone dan iPad. Yang harus Anda lakukan adalah melampirkan file ke email Anda seperti biasa dan Mail Drop akan menangani proses pengunggahan. Tautan akan disertakan dalam email Anda saat Anda mengirimkannya.

Untuk menggunakan Mail Drop di iPhone atau iPad Anda, buka aplikasi Mail. Ketuk ikon “Tulis” di sudut kanan bawah layar untuk membuat email baru.

Masukkan semua detail yang diperlukan, seperti alamat email penerima, baris subjek, dan isi email. Lampirkan file yang ingin Anda kirim baik menggunakan ikon di kotak QuickType di atas keyboard, atau dengan mengetuk sekali di isi pesan dan menggeser ke kiri di kotak menu konteks hingga Anda melihat opsi “Lampirkan file” muncul.

Jika ukuran lampiran besar, Mail Drop otomatis akan digunakan. Jika perangkat Anda meminta Anda untuk menggunakan Mail Drop, pilih opsi “Gunakan Mail Drop”.

Ketuk tombol panah atas “Kirim” berwarna biru di sudut kanan atas layar. Email Anda akan dikirim, dan lampiran besar akan diunggah ke iCloud menggunakan Mail Drop.

Penerima akan menerima email Anda dengan tautan untuk mengunduh file terlampir.

Mereka dapat mengeklik tautan untuk mengakses atau mengunduh file melalui iCloud dalam waktu 30 hari.

Cara Menggunakan Mail Drop di Mac

Untuk menghindari masalah apa pun, pastikan Mail Drop diaktifkan di Mac Anda. Buka aplikasi Mail dan buka Mail > Pengaturan > Akun. Untuk beberapa akun email, pilih akun yang ingin Anda gunakan dan centang kotak di samping “Kirim lampiran besar dengan Mail Drop” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Untuk mengirim file besar dari Mac Anda menggunakan fitur Mail Drop, buka Mail aplikasi di Mac Anda. Klik ikon “Tulis” atau tekan Command+N pada keyboard Anda untuk mengirim email baru. Selanjutnya, klik ikon klip kertas “Lampiran” di toolbar atas untuk memasukkan lampiran besar Anda. Anda juga dapat menyeret file ke layar aplikasi Mail langsung dari folder. Sekarang masukkan email penerima Anda dan detail lain yang diperlukan.

Setelah selesai, kirim email Anda dengan mengklik ikon pesawat kertas “Kirim” yang terletak di toolbar. Anda akan melihat popup menanyakan apakah Anda ingin menggunakan Mail Drop. Pilih opsi “Gunakan Mail Drop”.

Sekali lagi, penerima akan menerima email Anda dengan tautan untuk mengunduh lampiran.

Cara Menggunakan Mail Drop di Windows

Mail Drop adalah fitur yang terutama dikaitkan dengan perangkat Apple tetapi Anda masih dapat mengirim, mengakses, dan mengunduh file melalui Mail Drop di Windows atau platform lainnya. Untuk melakukan ini, Anda harus menggunakan akun Mail iCloud Anda di browser.

Luncurkan browser web pilihan Anda di PC. Buka situs web iCloud dengan mengetik iCloud.com di bilah alamat dan menekan Enter. Masuk ke akun iCloud Anda menggunakan ID Apple dan kata sandi Anda. Cari dan klik ikon aplikasi “Mail”. Ini akan membuka antarmuka Mail iCloud.

Klik ikon “Tulis” untuk membuat email baru. Sertakan alamat email penerima, subjek, dan pesan apa pun yang diperlukan. Lampirkan file besar yang ingin Anda kirim dengan mengklik ikon klip kertas “Lampiran”. Anda mungkin juga dapat menyeret file ke jendela, tergantung pada browser Anda.

Jika file terlalu besar, iCloud akan meminta Anda menggunakan Mail Drop. Pilih opsi “Gunakan Mail Drop”.

Klik tombol “Kirim”. Penerima Anda akan menerima email Anda dengan tautan untuk mengunduh lampiran. Jangan lupa untuk memastikan Anda mengaktifkan fitur Mail Drop untuk lampiran berukuran besar guna menghindari masalah apa pun.

Jika Anda mengirim banyak file besar, pertimbangkan untuk menggunakan format arsip terkompresi, seperti ZIP atau RAR. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk melampirkan banyak file dan dapat mengurangi total ukuran lampiran sehingga membuatnya lebih cepat untuk dikirim dan diunduh.

Kirim Lampiran Email Besar melalui Email

Mail Drop adalah cara yang andal dan aman untuk berbagi foto, video, dan file besar lainnya melalui email. Mudah digunakan dan tidak mengurangi penyimpanan iCloud Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui cara menggunakan Mail Drop, Anda seharusnya dapat mengirim file berukuran besar ke siapa pun, meskipun penerimanya menggunakan penyedia email yang berbeda.

Namun, jika Mail Drop tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mencari cara alternatif untuk mengirim file berukuran besar lampiran file melalui email. Metode ini dapat membantu Anda memastikan pengalaman transfer yang cepat dan lancar.