Firefox Memberi Pengguna Android Pratinjau Dukungan Ekstensi

“Ekosistem ekstensi terbuka” Firefox sekarang memiliki tanggal peluncuran: 14 Desember. Pengguna Firefox untuk Android akan mendapatkan koleksi 400+ ekstensi desktop, dan masih banyak lagi ekstensi yang akan datang seiring dengan bergabungnya pengembang. Dan, untuk memuaskan rasa penasaran Anda, Mozilla menawarkan pratinjau beberapa ekstensi terbuka, termasuk Privacy Badger, Tomato Clock, dan uBlock Origin.

Peramban seluler cenderung sederhana, sederhana, dan hampir tidak dapat disesuaikan. Dan browser Android terpopuler, Google Chrome, tidak mendukung ekstensi sama sekali. Itu sebabnya Firefox menghadirkan ekstensi desktop ke Android; ini adalah permintaan populer dari pengguna setia, dan ini akan membantu Firefox menonjol dari browser Android lainnya.

Sungguh, ekosistem ekstensi baru Firefox hadir pada saat yang tepat. Chrome sedang bersiap untuk mengurangi dukungan ekstensi di browser desktopnya, dan beberapa pengguna Chrome khawatir dengan kampanye anti-pemblokir iklan Google yang agresif. Browser berbasis Chromium lainnya, termasuk Edge, Vivaldi, Brave, mungkin terpengaruh oleh perilaku Google, menjadikan Firefox sebagai benteng terakhir dukungan ekstensi. Lagi pula, Firefox adalah satu-satunya browser besar yang menggandakan ekstensi! Nbsp

Beberapa minggu yang lalu sepertinya kita akan memiliki beberapa ratus ekstensi Android untuk diluncurkan, namun sekarang kita dapat dengan aman mengatakan AMO akan memiliki 400+ Firefox baru untuk Ekstensi Android tersedia pada 14 Desember.

Pengguna lama akan mengingat bahwa Firefox di Android dulunya mendukung berbagai ekstensi. Namun kemampuan ini pada dasarnya ditinggalkan pada tahun 2020 karena perombakan basis kode. Pustaka ekstensi Firefox untuk Android menyusut menjadi kumpulan kecil pengaya yang sebagian besar tidak berguna. Dan meskipun Anda dapat menggunakan ekstensi desktop di browser seluler Firefox Nightly, tidak ada ekstensi yang benar-benar dioptimalkan untuk seluler, sehingga ekstensi tersebut tidak berfungsi.

Sekarang, Mozilla secara aktif mendorong pengembang untuk mengoptimalkan ekstensi mereka untuk Android. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka memperkirakan akan meluncurkan “beberapa ratus” ekstensi Android pada tanggal 14 Desember, namun jumlah tersebut telah meningkat dua kali lipat. Lebih dari 400 ekstensi desktop akan hadir di Firefox untuk Android pada bulan Desember ini. Ini adalah perubahan haluan yang sangat mengesankan. Jika Anda seorang pengembang ekstensi, silakan lihat dokumentasi Mozilla “Mengembangkan Ekstensi untuk Firefox di Android”.

Pada saat penulisan, pengguna Firefox untuk Android dapat memasang sedikit pilihan ekstensi “pratinjau”, seperti Timer Tomat yang disebutkan di atas dan Pelaku Privasi. Ekosistem ekstensi terbuka penuh akan dihentikan pada 14 Desember. Halaman ekstensi khusus Firefox untuk Android kini terdaftar di situs web Pengaya Mozilla. Ekstensi terbuka mungkin tidak akan masuk ke aplikasi Firefox iOS, karena semua browser iOS menggunakan platform WebKit Apple dan oleh karena itu ditempatkan di bawah batasan Apple.

Sumber: Mozilla