Microsoft Copilot Bergerak di Windows 11

Bukan rahasia lagi bagi siapa pun seberapa dalam Microsoft dalam dunia AI generatif. Dengan Bing Chat, Copilot, dan bahkan upaya untuk merekrut CEO OpenAI Sam Altman untuk tim AI-nya sendiri, sudah pasti Microsoft ingin semakin berusaha keras dalam bidang ini. Copilot, asisten AI generatifnya, telah hadir di banyak perangkat lunak Microsoft saat ini, termasuk Windows, dan sekarang, perusahaan tersebut tampaknya sedang menguji perubahan baru yang akan membuat Copilot lebih terlihat.

Microsoft sedang menguji perubahan pada versi terbaru Versi dalam Windows 11 yang akan menampilkan ikon Copilot penuh warna di sebelah kanan bilah tugas Anda, tepat di samping ikon lonceng Notifikasi. Mengkliknya akan memunculkan panel samping asisten Copilot dan memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan. Seperti yang mungkin Anda ketahui, di situlah tombol “tampilkan desktop” dulunya ada, dan sebagai bagian dari perubahan ini, tombol Copilot (yang juga berwarna, tidak seperti ikon lain di sisi kanan bilah tugas, mungkin disengaja untuk menarik perhatian) akan menggantinya secara default. Dengan perubahan ini, Microsoft ingin menjadikan asisten Copilot “lebih jelas dan mudah diakses karena lebih dekat ke tempat panel Copilot terbuka.”

Meskipun ini mungkin tampak berguna bagi sebagian orang, orang lain mungkin tidak terlalu menyukainya dan bahkan mungkin menganggapnya sebagai upaya Microsoft untuk membuat Copilot lebih terlihat. Namun bagian baiknya adalah ada cara untuk kembali ke perilaku sebelumnya dengan masuk ke menu Pengaturan dan menavigasi ke Personalisasi > Taskbar. Alternatifnya, Anda dapat mengklik kanan pada taskbar untuk mengakses menu ini. Kecuali Anda adalah tipe orang yang secara aktif menggunakan AI generatif untuk semua tugas Anda sehari-hari, dan benar-benar memanfaatkannya, tombol ini mungkin tidak banyak berguna bagi Anda dan kemungkinan besar tidak akan sering digunakan.

Ini masih sedang diuji di versi Insider Windows 11, sehingga perilaku tersebut mungkin berubah atau dihapus seluruhnya sebelum diluncurkan ke semua PC. Microsoft juga menambahkan Copilot ke Windows 10 dengan tombol di tempat yang sama.

Sumber: Microsoft