Bulan dalam Sejarah Teknologi: November

Sejarah teknologi di bulan November memiliki beberapa tema. Microsoft merilis dua produknya yang paling terkenal bulan ini. Dan sejarah malware juga melihat dua hal pertama yang signifikan. Baca semua detail di bawah ini.

1 November 1984: Lenovo Didirikan

Seperti banyak rekan Silicon Valley-nya seperti Apple dan Hewlett Packard, pabrikan komputer terbesar di China memiliki awal yang sederhana. Sementara pendiri Liu Chuanzhi tidak memulai Legend Group (kemudian berganti nama menjadi Lenovo) di garasinya, ia dan sekelompok kecil peneliti dan pengembang dari Chinese Academy of Science memulai perusahaan di ruangan yang tidak lebih besar dari satu.

Namun, awalnya Lenovo tidak memiliki atmosfir kewirausahaan yang sama dengan yang ditemukan di California kapitalis untuk berkembang. Faktanya, Liu mengakui dalam sebuah wawancara tahun 1997 bahwa dia ambivalen tentang memulai sebuah perusahaan swasta di Cina komunis pada tahun 1984. “Hal terendah yang Anda bisa lakukan di awal 80-an, sebagai seorang ilmuwan, adalah untuk masuk ke bisnis. China memiliki ekonomi terencana yang ketat, dan hampir tidak ada ruang untuk perusahaan freewheeling seperti kami,” katanya.

Namun demikian, Liu mendapatkan pinjaman kecil dari Chinese Academy of Science untuk usaha tersebut. Dia mengatakan tentang hari-hari pertama Lenovo, “Kami benar-benar tenggelam dalam lingkungan ekonomi terencana. Saya tidak peduli bahwa investasinya kecil, tetapi saya tahu saya harus memiliki kendali atas keuangan, sumber daya manusia, dan pengambilan keputusan.” Liu mengklaim bahwa menonton perusahaan Amerika, khususnya Hewlett Packard, menginspirasi dan membimbing hari-hari awal Lenovo.

Investasi terbayar, tetapi tidak untuk beberapa tahun. Usaha bisnis pertama Lenovo untuk mengimpor perangkat televisi gagal dalam waktu satu tahun. Dan perusahaan mengalihkan fokus untuk mengembangkan papan sirkuit yang dapat memproses karakter bahasa Cina, yang akan menjadi kesuksesan komersial pertamanya. Saat ini, Lenovo adalah produsen komputer pribadi terbesar di dunia.

3 November 1988: Cyber ​​Worm Memusnahkan Internet

Meskipun apa yang kemudian dikenal sebagai “Morris Worm” bukanlah malware pertama yang masuk ke internet, itu yang pertama benar-benar menghancurkan internet. Ketika worm itu menjaring, ia mereplikasi dirinya sendiri berkali-kali sehingga 10% komputer online mogok.

Penulis worm, Robert Tappan Morris, kemudian mengklaim bahwa dia mencoba mengukur ukuran internet, yang telah berkembang pesat selama 80-an. Pada saat itu, diperkirakan ada 60.000 komputer yang terhubung ke internet dan diperkirakan 6.000 telah dimatikan oleh Morris Worm. Meskipun angka-angka itu masih diperdebatkan, tidak ada yang tahu pasti jumlah mentah mesin yang terhubung ke internet yang baru lahir pada saat itu.

Dalam usahanya untuk memetakan internet, Morris terlalu pintar setengahnya dalam pemrogramannya. Dia mengantisipasi bahwa administrator jaringan mungkin mencoba untuk menghalangi penyebaran worm dan memprogramnya untuk menggandakan diri tidak peduli sekali setiap 14 kali menemukan host baru. Secara tidak sengaja memastikan bahwa ratusan salinan program akan terinstal sendiri di banyak mesin, menyebabkan kelebihan beban dan crash.

Morris menjadi orang pertama yang didakwa berdasarkan Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer yang baru saja disahkan. Sebuah pengadilan federal menjatuhkan hukuman percobaan tiga tahun dan memerintahkan dia untuk membayar denda sebesar $13.326.

10 November 1983: Virus Komputer Pertama

Tidak mungkin untuk mengetahui apa bagian pertama dari malware, tetapi seperti dengan worm komputer pertama , kita bisa tahu mana yang pertama kali menjadi perhatian publik. Dalam kasus virus komputer, kehormatan itu diberikan kepada orang yang membuat program yang mengilhami istilah “virus”: Fred Cohen.

Mahasiswa pascasarjana USC mendemonstrasikan virus proof-of-concept-nya dengan memasukkannya ke dalam perintah Unix dari sebuah komputer mainframe di depan audiens pada seminar keamanan di University of Pennsylvania. Dalam lima menit, dia memiliki kendali atas sistem. Demonstrasi berikutnya juga mampu merebut kendali sistem komputer dengan melewati semua tindakan keamanan yang dikandungnya.

Cohen menulis makalah penelitiannya Virus Komputer — Teori dan Eksperimen setahun kemudian. Ini adalah karya pertama yang secara khusus menyebut malware yang mereplikasi diri sebagai “virus.” Pada tahun 1987, Cohen merilis sebuah makalah yang menyatakan bahwa tidak mungkin mendeteksi semua virus komputer dengan sempurna. Prediksi ini tetap benar karena perangkat lunak antivirus masih perlu diperbarui secara berkala agar tetap efektif melawan ancaman baru.

15 November 2001: Rak Toko Hits Xbox Asli

Sepanjang tahun 80-an dan 90-an, tiga merek mendominasi industri video game dunia: Nintendo, PlayStation, dan Sega. Microsoft mengacaukan keseimbangan itu pada akhir tahun 2001 ketika Xbox muncul di layar.

Konsol adalah hasil dari kesuksesan Microsoft dengan game PC. Judul populer seperti Microsoft Flight Simulator dan Age of Empires memotivasi raksasa perangkat lunak untuk pindah ke perangkat keras game. Dan motivasi itu mendapat dorongan tambahan ketika Bill Gates mulai melihat PlayStation 2 yang akan datang sebagai ancaman bagi komputer Windows.

Pada tahun 1998, Microsoft menciptakan tim khusus untuk mengembangkan konsol. Kelompok ini mengambil nama kode “Midway” setelah pertempuran Perang Dunia II, di mana pasukan Amerika mengalahkan Angkatan Laut Jepang di Samudra Pasifik, sebagai metafora untuk sebuah perusahaan Amerika yang menjatuhkan perusahaan Jepang yang dominan di pasar video game di seluruh dunia. Meskipun namanya tepat, hasilnya tidak sesuai dengan sejarah keterlibatan angkatan laut. Pada saat Playstation 2 dan Xbox asli dihentikan, konsol tersebut masing-masing terjual 155 juta dan 24 juta unit.

Namun demikian, Xbox menempatkan Microsoft di peta konsol game. Beberapa iterasi Xbox diikuti di tahun-tahun mendatang, termasuk Xbox 360, Xbox One, dan Xbox Series X dan Series S.

20 November 1985: Microsoft Merilis Windows

Dari semua produk yang dikenal Microsoft, yang paling penting adalah jendela. Perusahaan telah tertarik untuk mengembangkan antarmuka pengguna grafis sejak Bill Gates dan yang lainnya menyaksikan demonstrasi teknologi pada tahun 1982 pada sistem operasi Visi On yang berumur pendek. Tahun berikutnya, Gates dan perusahaan mengetahui bahwa Apple Macintosh akan memiliki GUI yang jauh lebih maju dan mulai mengembangkan cara untuk membuat penawaran mereka unik. Gates mempekerjakan insinyur perangkat lunak Scott A. McGregor untuk memimpin proyek Windows 1.0.

Versi pertama dari sistem operasi bahkan bukan sistem operasi. Sebaliknya, itu adalah antarmuka yang berjalan di atas MS-DOS. Ini akan memakan waktu lebih dari satu dekade untuk Windows untuk menjadi sistem operasi dengan sendirinya dan tidak bergantung pada MS-DOS untuk menjadi sistem operasi utama untuk komputer. Namun demikian, Windows memberikan manfaat besar atas lingkungan operasi berbasis teks yang datang sebelumnya, bahkan jika itu tidak sesuai dengan standar tinggi yang ditetapkan oleh Macintosh. Ketika Windows 1.0 masuk ke rak toko pada tahun 1985, itu berisi banyak program dan fitur yang kami kenali dan masih digunakan sampai sekarang, seperti Kalkulator, Paint, Notepad, dan Clipboard.

Penjualan calon Raja sistem operasi komputer mencapai 500.000 unit. Bukan kesuksesan yang diharapkan Microsoft. Tetapi masa depan cerah untuk Windows, yang pada akhirnya akan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan dalam sejarah. Saat ini, lebih dari 75% komputer desktop menjalankan beberapa varian Windows.

21 November 1877: Thomas Edison Mengumumkan Phonograph

Thomas Edison memiliki daftar panjang penemuan yang dikreditkan ke namanya. Salah satu yang paling berpengaruh adalah Phonograph: instrumen yang merekam suara untuk diputar ulang. Edison menemukan penemuan ini secara tidak sengaja.

Dia sebenarnya mencoba menemukan cara untuk merekam panggilan telepon di labnya di Melo Park. Eksperimennya mengungkapkan bahwa jika Anda merekam getaran suara sebagai bentuk gelombang, kemudian mencetaknya pada silinder lilin, dan kemudian memutarnya kembali menggunakan stylus, Anda dapat membuat ulang suara aslinya. Metode ini tetap menjadi dasar dari semua perekaman dan produksi suara hari ini, khususnya bentuk gelombang audio.

Perangkat yang Edison perdana pada pengumumannya jauh dari apa yang kita kenal sebagai pemutar rekaman. Baru setelah penemuan graphophone pada tahun 1880-an dan inovasi piringan hitam pada tahun 1890-an, Phonograph mulai menyerupai apa yang orang-orang sekarang kenali sebagai sesuatu yang dapat mereka dengarkan di White Album.

Edison memainkan Mary Had a Little Lamb pada penemuannya pada tamasya pertamanya. Fonograf dianggap sebagai salah satu kreasi Edison yang paling luar biasa. Itu, bersama dengan penemuan Edison lainnya, kamera gambar bergerak, dan bola lampu listrik, merupakan kelahiran media audio/video.

23 November 2004: World of Warcraft Dirilis

Ketika Blizzard merilis World of Warcraft, itu bukan ‘ t segera terlihat bahwa game tersebut termasuk dalam seri Warcraft. Sepanjang tahun 1990-an dan awal 2000-an, Warcraft adalah permainan strategi menyenangkan yang mengadu Orc melawan Manusia di tanah fiksi Azeroth dan Lorderon. Namun, game ini berfokus pada memimpin pasukan fantasi tinggi, mengumpulkan sumber daya, membangun benteng, dll. Itu adalah game yang sukses, tetapi ada banyak game lain yang serupa. Blizzard bahkan memiliki spin-off fiksi ilmiah Warcraft yang disebut Starcraft.

Warcraft Warcraft melihat kesuksesan baru-baru ini dari genre permainan yang muncul: MMORPG, yang merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Judul seperti Everquest, Star Wars Galaxies, dan Rune Scape telah menemukan kesuksesan komersial dengan dunia terbuka bergaya kotak pasir yang memungkinkan para pemain melakukan apa pun yang mereka inginkan daripada bermain melalui alur cerita yang telah ditentukan. Elemen-elemen itu, ditambah jutaan pemain dalam game yang sama secara bersamaan, adalah sebuah revolusi untuk game yang akan menjadi pusat perhatian Warcraft. Strategi

Blizzard sukses besar. World of Warcraft adalah game PC terlaris tahun 2005 dan 2006. Pada Januari 2008, game ini memiliki lebih dari 10 juta pelanggan dan lebih dari 100 juta akun dibuat pada tahun 2014. World of Warcraft dianggap sebagai salah satu video game terbesar sepanjang masa dan masih mendominasi genre MMORPG saat ini dengan 121 juta pemain.

29 November 1972: Atari Memperkenalkan Pong

Ketika insinyur Atari yang baru direkrut, Allan Alcorn, menulis Pong, dia belum pernah memprogram video game sebelumnya. Majikannya, pendiri Adobe Nolan Bushnell, baru saja mempekerjakan Alcorn untuk pengalaman teknik elektro dan ilmu komputernya dan menugaskannya untuk memprogram Pong sebagai latihan. Instruksinya sederhana. Gim tersebut perlu menyertakan titik bergerak, dua dayung, dan angka untuk menjaga skor.

Setelah memeriksa skema untuk gim perusahaan sebelumnya dan menemukan bahwa skema tersebut tidak dapat digunakan karena kurangnya pengalaman, ia mengandalkan pengetahuannya tentang logika transistor-transistor untuk mengembangkan permainan. Dia menyelesaikan tugasnya seperti yang diinstruksikan dengan beberapa inovasinya sendiri. Alcorn menambahkan kemampuan untuk mengubah sudut pengembalian titik, ditambah dia memprogram titik untuk meningkatkan kecepatannya saat tetap dalam permainan. Kedua tambahan tersebut meningkatkan kemampuan bermain dan daya saing game.

Bushnell sangat terkesan dengan kualitas permainan karyawan barunya sehingga ia memutuskan untuk mengembangkannya untuk produksi. Setelah beberapa bulan pengembangan, ia mulai menguji pemasarannya di bar lokal di Sunnyvale, California. Bushnell memasang mesin Pong pertama di Andy’s Capp’s Tavern pada Agustus 1972. Beberapa hari kemudian, Bushnell dipanggil kembali ke bar karena mesinnya mogok, ternyata mekanisme koinnya penuh dengan seperempat. Game ini menjadi hit.

Dan itu akan menjadi hit yang lebih besar lagi. Atari akan menjual Pong dalam berbagai bentuk, termasuk lemari arcade, konsol rumah khusus, permainan kartrid, dan banyak lagi. Versi game tersebut masih dijual dan dimainkan hingga saat ini. Dampak budaya Pong akan membuat salah satu lemari arkadenya mendapat tempat di koleksi permanen Institut Smithsonian.

Disadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized