Firefox 109 Mengikuti Perubahan Ekstensi Chrome

Mozilla menambahkan API WebExtensions ke Firefox beberapa tahun yang lalu, memungkinkan ekstensi peramban yang dibuat untuk Chrome bekerja di Firefox dengan pekerjaan minimal (jika ada). Firefox 109 kini diluncurkan, dengan beberapa perubahan pada dukungan ekstensi.

Google mulai meluncurkan platform baru untuk ekstensi di Chrome pada akhir tahun 2020, yang dikenal sebagai Manifest V3. Ini adalah perubahan signifikan pada cara ekstensi browser berfungsi, dengan tujuan membuatnya lebih aman dan tidak terlalu intensif sumber daya. Beberapa API telah dihapus dan diganti dengan alternatif yang kurang kuat, yang memengaruhi pemblokir konten seperti uBlock Origin — memicu beberapa pemadaman publik dari pengguna dan pengembang ekstensi. Bulan lalu, Google menunda jadwal untuk menghapus ekstensi Manifest V2 lama dari Toko Web Chrome.

Firefox 109 sekarang tersedia, dan fitur baru utama pada platform desktop adalah dukungan awal untuk ekstensi Manifest V3. Itu berarti ekstensi yang dibuat untuk versi Chrome dan Microsoft Edge yang lebih baru harus tetap berfungsi di Firefox, tetapi Mozilla tidak menghapus beberapa fitur, dan akan terus mendukung ekstensi lama di masa mendatang.

Mozilla mengatakan dalam posting blog, “kami setuju untuk memperkenalkan Dukungan Manifest V3 untuk add-on, mempertahankan tingkat kompatibilitas yang tinggi untuk mendukung pengembangan lintas-browser. Namun, ada beberapa area kritis — seperti keamanan dan privasi — di mana prinsip kami memerlukan tindakan yang berbeda. Di beberapa area yang ditargetkan, kami memutuskan untuk meninggalkan penerapan Chrome dan menggabungkan elemen khas Mozilla kami sendiri. Dengan demikian versi Manifest V3 Firefox akan memberikan interoperabilitas ekstensi lintas-browser, bersama dengan perlindungan privasi dan keamanan yang ditingkatkan secara unik, dan kompatibilitas yang ditingkatkan untuk ekstensi seluler. , penghapusan Colorways, dan beberapa perbaikan keamanan. Di Mac, menekan Control/Comand dan menggulir touchpad atau roda mouse kini menggulir halaman alih-alih memperbesar, agar sesuai dengan perilaku browser web lain di macOS.

Firefox 109 untuk Android tidak begitu menarik, tetapi ada beberapa perubahan yang membantu. Menggeser tidak akan lagi mengaktifkan bilah alamat dalam mode video layar penuh, sekarang ada tombol urungkan untuk menghapus situs yang disematkan, dan mesin telusur kini diperbarui dengan benar setelah perubahan bahasa. Ada juga beberapa perbaikan bug, seperti masalah yang memengaruhi panggilan video menggunakan codec video H.264.

Firefox 109 diluncurkan secara perlahan ke Windows, macOS, Linux, dan Android — jika Anda belum memilikinya, Anda harus segera mendapatkannya. Anda dapat mengunduh Firefox dari situs web resmi Mozilla, Google Play Store, Apple App Store, dan Microsoft Store.

Sumber: Log perubahan desktop, log perubahan Android, blog

MozillaDisadur dari HowToGeek.com.

Uncategorized